by

Soal Reshuffle Kabinet, Pengamat: Biasanya Jokowi Menunggu Hari Baik, Rabu Pon

Pasang

NKRIKU – Perombakan kabinet Indonesia Maju seiring Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung dengan koalisi pemerintah masih menyisakan tanda tanya. Hingga kini, Presiden Joko Widodo belum melakukan atau mengumumkan rencana perombakan kabinet.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, Jokowi masih wait and see untuk memasukkan partai yang diketuai oleh Zulkifli Hasan itu ke dalam kabinet. Salah satu yang menjadi faktor untuk dipertimbangkan mantan Walikota Solo tersebut adalah masalah waktu. 

Berita Populer  Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Pada Rabu PON Dianggap Hanya Gosip Politik Semata

“Biasanya Jokowi menunggu hari Rabu. Dan Rabunya, Rabu Pon dalam penanggalan Jawa. Itu soal kepercayaan Jokowi. Soal kepercayaan Jokowi terhadap hari baik,” ujar Ujang Komarudin saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Senin siang (20/9).

Berita Populer  Jokowi Undang Menteri Ratas di Rabu Pon Besok, Tapi Disebut Bukan Untuk Reshuffle Kabinet

Adapun, terkait jatah PAN di Kabinet Indonesia Maju sendiri kemungkinan diberikan jatah satu slot kursi Menteri oleh Jokowi. PAN, kata Ujang Komarudin, diyajini akan menggeser kursi Menteri dari kalangan non parpol. 

PAN sendiri telah resmi akan memajukan kader terbaiknya jika diminta Presiden Jokowi untuk mengisi slot Kementerian di kabinet Indonesia Maju.

“Kalau dulu kan pernah Mendikbud, Mensesneg, Menhub, Menteri Kehutanan, dan Menpan-RB. Namun untuk saat ini belum tahu posisi PAN akan disimpan di mana. Soal posisi itu hak prerogatif Jokowi,” demikian pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini.  (RMOL)

Berita Populer  PKB: Belum Ada Sinyal Reshuffle, Tapi Masyarakat Menunggu Kebiasaan Jokowi di Rabu Pon