Soroti 1 Tahun Kinerja Jokowi-Ma’ruf, PKS: Sebagian Kementarian Gagap Dan Hilang Fokus

NKRIKU – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan bahwa kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf masih menyisakan beberapa catatan serius yang harus segera dibenahi.

Penilaian tersebut disampaikan dalam rangka menyoroti satu tahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf pada Selasa (20/10) besok.

Mardani menyatakan bahwa terbesar kepemimpinan Jokowi terletak pada masalah penegakan hukum. Hal tersebut dan indikasi dengan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dalam menangani kasus Djoko Tjandra.

“Penegakkan hukum kian menunjukkan kondisi yang jauh dari harapan,” kata Mardani sebagaimana dikutip dari RMOL, Senin (19/10).

“Pertama, peranan KPK yang lebih sibuk dengan berita naiknya gaji pimpinan dan rencana pemberian mobil dinas yang sebanrnya bertentangan dengan konsep single salary-nya KPK, menjadi cerita sedih. Kedua, Kebakaran di Kejagung dan penanganan kasus Djoko Candra yang blm membongkar semuanya menjadi catatan besar,” imbuhnya.

“Belum lagi, skandal Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker) yang memicu reaksi publik hingga hari ini,” ujar Mardani.

Lebih lanjut, Mardani juga menyoroti terkait sektor ekonomi yang ditandai dengan terperosoknya Indonesia dalam jurang Resesi yang membuat masyarakat semakin besar. Demikian juga dengan jaring keselamatan publik melalui pansus dan sembako masih sangat rendah.

“Pelaku UMKM belum mendapatkan secara konkrit bantuan yang sudah dianggarkan. Makanya serapannya jauh dari harapan. Benar Pak Jokowi sudah bekerja keras, tapi sebagian kementarian gagap dan hilang fokus dan secara umum nilai yang didapat 4 dari skala 10,” pungkas Mardani Ali Sera.[rmol/brz/nu]

Berita Terbaru