Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Bisa Jadi Sumber Baru Perekonomian Nasional

NKRIKU, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi syariah bisa menjadi sumber baru bagi perekonomian nasional.

Menurutnya, hal itu lantaran adanya keunikan dalam perekonomian syariah yang sejalan dengan nilai kearifan lokal masyarakat Indonesia seperti kejujuran, keadilan, tolong menolong, profesional serta keberpihakan pada kelompok lemah.

“Kesamaan nilai-nilai tersebut mendorong diterapkannya sistem ekonomi syariah secara lebih menyeluruh di setiap aspek kehidupan,” ujarnya, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

baca juga:

Selain itu, Bendahara Negara ini juga menilai bahwa sistem ekonomi keuangan syariah memiliki nilai-nilai unik yang juga dapat menjadi alternatif pendorong pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi dari dampak COVID-19.

“Ekonomi syariah dipandang mampu jadi sember pertumbuhan baru ekonomi nasional, serta mampu menjawab berbagai tantangan di dalam perekonomian nasional kita,” imbuhnya.

Namun begitu, Sri Mulyani menyayangkan lantaran peranan dan kontribusi syariah belum optimal di Indonesia. Padahal Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia.

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, antara lain dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Dimana Ketuanya merupakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Ketua Hariannya Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

“Saya sebagai Menteri Keuangan adalah Sekretaris KNEKS, menyambut baik dan mengapresiasi adanya inisiatif penandatanganan nota kesepahaman antara KNEKS dan MUI tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” pungkasnya. []

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru