Sri Mulyani: Pemulihan Ekonomi Global Terus Dibayangi Lonjakan Kasus Covid-19

NKRIKU, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan optimisme terhadap pemulihan ekonomi global terus dibayangi dengan melonjaknya kasus Covid-19 secara global di berbagai negara.

“Ini bayangan dan downside risk pertumbuhan ekonomi global yang sejatinya meningkat secara cukup baik,” ujar dia dalam konferensi video, Senin, 3 Mei 2021.

Berita Populer  Sri Mulyani: Potensi Ekonomi Digital RI Bisa Meningkat Tiga Kali Lipat di 2025

Kendati demikian, ia menuturkan tren dari penguatan kinerja perekonomian global berlanjut pada 2021. Hal ini tercermin dari menguatnya Purchasing Managers’ Index dan meningkatnya volume perdagangan global serta harga komoditas.

“World Economic Forum IMF pada April 2021 telah merevisi ke atas proyeksi pertumbuhan global 2021 dari 5,5 persen prediksi pertumbuhan ekonomi 2021 menjadi 6,0 persen,” ujarnya.

Berita Populer  Sri Mulyani Curhat WFH Lebih Berat daripada Ngantor

Di dalam negeri, arah pemulihan ekonomi domestik terlihat sejalan dengan menurunnya kasus covid 19 dan didukung perkembangan program vaksin secara nasional. Ia mengatakan progress vaksinasi berjalan cukup baik dengan jumlah dosis vaksin diberikan telah mencapai 20 juta per 30 april 2021.

Berita Populer  Epidemiolog: Vaksin Buatan China Tak Jamin Efektif Atasi Covid-19

Selain itu, menurut Sri Mulyani, hingga Maret 2021 sejumlah indikator ekonomi juga menunjukan arah perbaikan. Misalnya saja data PMI telah berada pada zona ekspansi. Teranyar, PMI Indonesia kembali meningkat ke level 54,6, dari sebelumnya 53,2 pada Maret 2021.

Berita Terbaru