Surat Keterangan Sehat: Syarat dan Cara Membuatnya

NKRIKU.COM – Surat keterangan sehat merupakan salah satu dokumen dijadikan sebagai syarat melamar kerja. Lantas, sudahkan Anda tahu cara membuat surat ini? Berikut adalah ulasan yang membahas cara dan alur membuat surat keterangan sehat. 

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk membuat surat keterangan sehat, yakni melalui Puskesmas dan Rumah Sakit. Berikut adalah alur pembuatan surat keterangan sehat baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit:

Puskesmas

Baca Juga:
Biaya Pembuatan SKCK, Simak Syarat dan Tahap Pengajuannya

Kunjungi puskesmas terdekat, usahakan datang pagi untuk menghindari antrianAnda akan diminta untuk melengkapi dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto (3×4)Ambil nomor antrianSelanjutnya anda akan diminta untuk membayarkan sejumlah uang sebagai syarat administrasiAnda akan diminta untuk menunggu giliran periksaKetika sudah di dalam ruang periksa Anda akan diberi pertanyaan seputar dengan riwayat kesehatan yang anda miliki termasuk kesehatan mata, tekanan darah dan kesehatan telingaSetelah menjalani pemeriksaan, Anda akan diberikan secarik surat keterangan sehat yang sudah ditandatangani dokter yang memeriksa anda.

Berita Populer  Puskesmas di Jakarta Tak Melayani Pembuatan Surat Keterangan Sehat untuk Warga Mudik

Rumah Sakit

Kunjungi rumah sakit terdekat. Perlu diperhatikan bagi yang ingin meminimalisir biaya pembuatan surat keterangan sehat, disarankan untuk mendatangi RSUDLakukan pendaftaran dengan mengisi alamat, nama dan tanggal lahir untuk proses verifikasiAnda melakukan pemeriksaan umum seperti tekanan darah, tinggi badan, berat badan dan pemeriksaan umum lainnya.Saat pemeriksaan selesai dan Anda dinyatakan sehat maka anda akan diberiksan surat keterangan sehat.

Berita Populer  Pemerintah Perketat Penerbitan Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19

Bagian yang Diperiksa saat Membuat Surat Keteragan Sehat:

Pemeriksaan fisik, pengukuran tinggi badan dan berat badanFoto rontgen dadaRekam jantung/EKGCek darah, hepatitis, HIV AIDS, dllCek urin 

Syarat Membuat Surat Keterangan Sehat

Berikut adalah dua persyaratan yang harus anda lengkapi untuk melakukan pembuatan surat keterangan sehat:

Berita Populer  Menjajal Jasa Calo Surat Sehat di Stasiun Senen

Fotokopi KTP atau kartu identitas lainnyaPas foto berwarna ukuran 3×4

Selain persyaratan di atas ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan ketika akan membuat surat keterangan sehat ini, sebagai berikut:

Baca Juga:
5 Kesalahan Ini Sering Dijumpai Saat Menulis CV, Apa Saja?

Tidak dapat diwakilkan oleh orang lainHarus mendatangi puskesmas atau rumah sakit setempatHarus dalam keadaan sehat jasmani dan rohaniWajib mengikuti tes kesehatan oleh dokter setempat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan

Surat keterangan sehat biasanya berlaku selama 1-2 minggu

Berita Terbaru