Tak Lagi Tidur di Tempat yang Sempit, Santri Ponpes Senang Tinggal di Rusun

NKRIKU.COM – Kepala Sekolah SMP Ilmu Al-Quran di Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu Dewi Yustika Sari mengapresiasi upaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pembangunan fasilitas tempat tinggal yang nyaman untuk para santriwati  berupa rumah susun. 

Dewi mengungkap, para santri kini senang tinggal di rusun karena bisa beristirahat di teman yang layak dan tak lagi harus tidur di tempat yang sempit. 

“Dulu para santri menempati tempat tidur yang sempit dan hanya mengandalkan kasur lipat dari wali murid dan ditempati bersama-sama. Tapi sejak dibangun Rusun ini sekarang para santri mendapatkan tempat yang layak untuk mereka istirahat setelah padatnya kegiatan di pondok,” ujarnya.

Berita Populer  Ustaz Yusuf Mansyur Ungkap Beratnya Ujian saat Pandemi, Begini Kisahnya

Rada Maulina Safira, kelas XI Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu mengaku sangat senang bisa tinggal di rusun. Menurutnya, fasilitas rusun sangat baik, bahkan teman – temanya menyebut tempat tinggal barunya layaknya apartemen.

Baca Juga:
PUPR Tuntaskan 7200 unit Padat Karya Tunai Provinsi Sumatera Selatan

“Saya senang sekaligus bahagia bisa tinggal di rusun yang telah dibangun Kementerian PUPR, karena rusun ini juga seperti apartemen fasilitasnya. Jadi membuat kami para santri nyaman ketika beristirahat. Saya berharap Kementerian PUPR juga kedepannya dapat membangun Rusun bagi Santriwan,” harapnya.

Berita Populer  PUPR Anggarkan Rp18,42 T Buat Padat Karya Tunai Tahun Depan

Pemerintah melalui Kementerian (PUPR) terus berupaya meningkatkan karakter generasi muda bangsa yang unggul dan fokus dalam menuntut ilmu di lingkungan Pondok Pesantren, salah satunya dengan membangun rusun. 

Salah satu program rumah susun untuk santri oleh Kementerian PUPR dibangun di Pondok Pesantren Mahad Utsmani Tafidzu di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan para santri merupakan bagian dari generasi muda Indonesia yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Berita Populer  PUPR Lelang Dini 4.694 Paket Proyek Infrastruktur

Adanya Rusun ini diharapkan, sambung Khalawi, dapat melatih para santri untuk tinggal di hunian vertikal sekaligus mendorong mereka untuk terbiasa hidup sehat dan bersih di hunian yang layak huni.

Baca Juga:
Menteri PUPR: Flyover Purwosari Bisa Urai Kemacetan di Kota Solo

”Rusun ini kami bangun untuk memenuhi kebutuhan hunian para santri yang sedang menimba ilmu pengetahuan baik verbal maupun spiritual di lingkungan Ponpes. Hal ini juga bisa menjadi langkah yang ditempuh pemerintah untuk dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul bagi bangsa dan  negara,” ujar Khalawi beberapa waktu lalu.

Berita Terbaru