Takut Dicurangi, Presiden Bolsonaro Minta Pemilu Brasil 2022 Pakai Surat Suara Kertas

NKRIKU.COM – Presiden Jair Bolsonaro pada Kamis (29/7/2021) meminta agar sistem pemungutan suara elektronik di Brazil diganti dengan kertas suara yang bisa dihitung untuk menghindari kecurangan pada pemilu tahun depan.

“Saya menginginkan pemilihan tahun depan, tapi pemilihan yang bersih, demokratis, dan jujur,” kata dia kepada para pendukungnya lewat siaran di media sosial.

Bolsonaro menunjukkan serangkaian klip video internet tentang dugaan bukti kecurangan pemilihan yang menegaskan pendapatnya bahwa demokrasi Brazil terancam.

Berita Populer  Jumlah Korban Meninggal akibat Covid-19 di Brasil Tembus 5.000, Presiden Bolsonaro: So What?

Para pengkritik mengatakan bahwa Bolsonaro, seperti mantan Presiden AS Donald Trump, sedang menyebar keraguan pada pemilu demi memuluskan jalan baginya untuk meraih kemenangan lagi pada 2022.

Baca Juga:
Tak Membaik Setelah Cegukan Parah, Bolsonaro Kemungkinan Operasi Darurat

Dengan popularitas yang menurun setelah Brazil mengalami wabah COVID-19 paling mematikan kedua di dunia, jajak-jajak pendapat menempatkan dia di bawah mantan presiden dari sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva.

Berita Populer  Lampaui Rekor Rusia, Brasil Catat Lonjakan 11.385 Kasus Corona Sehari

Keduanya belum mengumumkan pencalonan diri secara resmi.

Selama berbulan-bulan, Bolsonari bersikeras bahwa Brazil harus menerapkan pencoblosan kertas suara, meski amandemen konstitusi untuk mengubah sistem elektoral kurang mendapat respons dari Kongres.

Otoritas elektoral TSE telah menyangkal tuduhan Bolsonaro yang tidak berdasar tentang adanya kecurangan dalam pemilihan 2014.

Berita Populer  WHO Minta Brasil Ambil Tindakan Tekan Penularan Corona

Mereka mengatakan pemungutan suara elektronik bisa diaudit dengan baik.

Baca Juga:
Pernah Ditusuk Saat Kampanye, Presiden Brasil Mendadak Dilarikan ke Rumah Sakit

Bahkan Aecio Neves yang dikalahkan Dilma Rousseff, calon yang didukung oleh Lula, dalam pemilu 2014 yang ketat, mengatakan pemilihan itu berlangsung dengan baik.

Berita Terbaru