Tanda Bansos BST Kemensos Rp 300 Ribu Cair, Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id

NKRIKU.COM – Bagi Anda yang menantikan pencairan dana Bansos BST Kemensos sebesar Rp300.000, kini Anda dapat mengetahui status Keluarga Penerima Manfaat atau KPM melalui laman cekbansos.kemensos.go.id secara mandiri.

Bansos BST Kemensos Rp300.000 ini telah resmi diperpanjangn penyalurannya hingga bulan Juni 2021, setelah sebelumnya sempat dihentikan demi memperlancar penyaluran bulan Januari-April 2021 lalu.

Cara Cek Status Bansos BST Kemensos:

Kunjung laman cekbansos.kemensos.go.id melalui web browser pada HP atau komputer AndaPilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai alamat domisili di KTPMasukkan nama lengkap sesuai KTPMasukkan kode verifikasi berupa 4 huruf pada kotak yang tersediaApabila kode tidak terbaca atau salah, KPM dapat meminta kode verifikasi baruKlik tombol cari data

Berita Populer  Guru Honorer PTK Non PNS Bisa Dapatkan Bantuan BSU Rp1,8 Juta, Gunakan Cara Ini

Jika Bansos BST Kemensos KPM Anda sudah cair, maka akan muncul data nama KPM serta proses atau status bansos BST pada laman pencarian

Baca Juga:
BLT UMKM Terbaru: Cara Daftar BPUM, Cara Cek Penerima BPUM UMKM PNM Mekaar

Pada kolom BST yang sudah cair nantinya akan tertulis status penerima ‘Ya’ dengan keterangan bahwa bantuan sedang dalam proses di kantor pos

Berita Populer  6 Masalah Penyaluran Bansos Selama Pandemi Corona

Setelah mengetahui status Bansos, maka KPM perlu menunggu undangan dari pemerintah desa yang akan digunakan untuk mengambil dana bantuan BST Kemensos Rp300.000 di kantor pos yang telah ditentukan.

Pihak desa baru akan mengeluarkan undangan pengambilan dana bansos setelah proses penyaluran dana ke kantor pos selesai.

Meski sudah bermitra dengan PT Pos Indonesia dalam menyalurkan dana bansos BST Kemensos Rp300.000, Kemensos tetap meminta andil pemerintah daerah dalam membantu memantau proses penyaluran bansos supaya tepat sasaran.

Berita Populer  Mantap! Ada BLT Pendidikan PIP Rp450 ribu sampai Rp1 Juta, Segera Cek NISN Anak Anda di Laman pip.kemdikbud.go.id

Melalui bantuan sosial ini, pemerintah berharap dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan penerima atau KPM.

Baca Juga:
Jadi Jaring Pengaman, BLT Desa di Harapan Bangkitkan Ekonomi Desa

Demikian informasi mengenai Bantuan Sosial Kemensos Rp300.000 meliputi cara pengecekan penerima hingga informasi penyaluran yang resmi diperpanjang hingga bulan Juni 2021. 

Berita Terbaru