Tanda dan Gejala Stroke pada Wanita

NKRIKU.COM – Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terganggu atau berkurang. Ini disebabkan karena kerusakan cerebrovascular dan dapat berdampak pada fungsi otak kamu yang mempengaruhi mobilitas dan fungsi di seluruh tubuh.

Ini adalah alasan mengapa memahami tanda-tanda awal stroke dan perawatan medis stroke yang cepat berperan besar dalam menyelamatkan hidup.

Sebelumnya, kami telah membahas gejala umum stroke dan cara mengidentifikasinya. Namun, dalam kasus wanita, tanda dan gejala ini bisa sangat berbeda.

Mengapa Stroke Bisa Berbeda pada Wanita?Ilustrasi seorang wanita mengalami gejala stroke (photo/stroke.org)

Berita Populer  Gejala Stroke Bisa Dilihat Pada Satu Sisi Wajah Kamu saat Tersenyum

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa wanita tidak hanya mengalami beberapa tanda dan gejala stroke yang unik, tetapi juga mereka lebih mungkin mengalami keterlambatan dalam mendapatkan perawatan medis karena hal ini.

Dilansir dari news18, Jumat (17/7/2020), sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Cardiology Reports pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa walaupun lebih cenderung mengalami stroke, wanita memiliki risiko stroke yang lebih besar, terutama setelah usia 85 tahun.

Wanita juga cenderung memiliki pemulihan yang lambat. Ini karena banyak aspek seperti komorbiditas spesifik yang mungkin diderita perempuan, kurangnya perawatan agresif, tingkat terapi pencegahan yang lebih rendah, dukung sosial yang berbeda, dan tingkat depresi yang lebih tinggi.

Berita Populer  Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis, Puasa yang Disebut Bisa Cegah Stroke

Oleh karena itu, sangat penting bagi para ilmuwan untuk menyelidiki perbedaan gender dalam gejala stroke, kejadian, perawatan, pengobatan, dan hasil untuk meningkatkan pemulihan pasien stroke wanita.

Keunikan Gejala Stroke pada WanitaGejala stroke pada wanitaGejala stroke pada wanita (photo/dailynurse.com)

Ada sejumlah gejala unik stroke yang dialami wanita. Berikut ini adalah gejala stroke yang dicatat secara unik di antara pasien wanita:

Berita Populer  Happy Hypoxia, Gejala Baru Covid-19 Paling Aneh

Mengalami kelemahan atau kelelahan Sering pingsan Mual dan/atau muntah Kejang Rasa sakit Kesulitan bernafas Sering cegukan

Jika kamu seorang wanita dan mengalami gejala-gejala seperti di atas, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Lebih baik aman daripada menyesal, terutama ketika penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini akan berdampak pada sisa hidup kamu.

Nah, itulah tanda dan gejala stroke pada wanita yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru