Tekan Dampak Pandemi Covid-19, Jepang Janji Begini ke Indonesia

NKRIKU Pandemi virus corona atau Covid-19 faktanya menginfeksi hampir seluruh negara di dunia, baik itu negara maju seperti Jepang maupun negara berkembang Indonesia. 

Melihat hal tersebut, seluruh negara maupun organisasi internasional pun disebut-sebut saling bahu-membahu mengurangi dampak yang diberikan oleh pandemi Covid-19 tersebut.

Salah satu diantaranya adalah Jepang, menurut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji menyampaikan bahwasanya Indonesia dan Jepang dalam perkembangannya selalu saling bahu membahu mengurangi dampak yang diberikan oleh pandemi Covid-19.

baca juga:

“Sebab menurut kami tidak ada satu negara pun yang dapat tetap aman dan pulih sendiri, maka diperlukan kerjasama internasional,” ucapnya pada saat webinar Peluncuran laporan Analisis ‘Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi Terhadap Rumah Tangga di Indonesia’ di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Seperti yang sudah diketahui, lanjut Kanasugi, Jepang telah memberikan bantuan teknis di berbagai sektor terutama sektor kesehatan. Dimana Jepang selalu menyediakan perlengkapan medis layaknya ventilator, APD serta alat test PCR baik secara bilateral maupun secara organisasi internasional termasuk UNDP dan UNICEF.

Kemudian, melihat mayoritas dunia usaha di Indonesia itu berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Jepang akan terus berkomitmen dan berkontribusi kepada UNDP untuk membantu merevitalisasi UMKM di Indonesia.

“Bahkan, kami sudah memberikan pinjaman senilai USD455 juta untuk program pemulihan ekonomi nasional di Indonesia,” jelasnya.

Pihaknya mengakui baik Jepang maupun Indonesia sendiri pun faktanya sangatlah rentan terhadap bencana alam. Sehingga, dalam upaya pengurangan risiko bencana tersebut Jepang juga akan mempromosikan gagasan rekonstruksi bangunan agar lebih tahan terhadap bencana alam.

“Maka dengan itulah, kami akan terus melakukan berbagai upaya dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Indonesia dalam pengembangan kapasitas jangka panjang dan dukungan usaha yang tidak hanya akan mengurangi dampak sosial ekonomi Covid-19. Akan tetapi juga memberdayakan Invidu dan memungkinkan Indonesia mencapai pembangunan yang merata di tahun 2045 mendatang,” pungkasnya.

Adapun di Indonesia sendiri seluruh sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi, baik itu dari sektor finansial hingga kepada sektor riil pun tak luput terdampak akibat pandemi tersebut.[]

Berita Terbaru