Tembus 5.000 Aset! Untuk Pertama Kali Vatikan Ungkap Kekayaan Properti di Seluruh Dunia

NKRIKU.COM – Vatikan untuk pertama kali merilis informasi tentang properti yang dimilikinya pada Sabtu (24/7/2021) yang mengungkap kepemilikan lebih dari 5.000 aset di seluruh dunia.

Informasi itu tercantum dalam dua dokumen, laporan keuangan konsolidasi 2020 Takhta Suci dan anggaran publik pertama Administrasi Warisan Takha Suci (APSA).

APSA, semacam kantor akuntan umum, mengelola properti dan investasi, membayar gaji, dan bertindak sebagai kantor pembelian dan departemen sumberdaya manusia.

Berita Populer  Ragam Tanggapan usai Paus Fransiskus Dukung Aturan LGBT

Selain dua dokumen itu, yang masing-masing dilengkapi diagram lingkaran, grafik, dan peta, Vatikan juga menerbitkan lebih dari 50 halaman materi finansial.

Baca Juga:
Tuai Kritik, Baju Seksi Kim Kardashian saat Kunjungi Vatikan Ternyata Penuh Makna

Anggaran APSA setebal 30 halaman itu menunjukkan bahwa mereka memiliki 4,051 properti di Italia dan 1.120 properti di luar negeri, tidak termasuk kedutaan-kedutaan besar di seluruh dunia.

Berita Populer  China-Vatikan Perbarui Kesepakatan soal Pengangkatan Uskup

Hanya sekitar 14 persen properti di Italia disewakan dengan harga pasar, sementara sisanya disewakan dengan harga potongan, kebanyakan kepada karyawan Gereja Katolik Roma.

Sekitar 40 persen properti berupa gedung institusi, seperti sekolah, konvensi, dan rumah sakit.

Berita Populer  Bersejarah! Paus Fransiskus Tunjuk Perempuan Jadi Anggota Sinode Para Uskup

Dokumentasi menunjukkan bahwa APSA juga memiliki investasi dalam bentuk properti di kawasan kelas atas London, Jenewa, Lausanne dan Paris.

Titik Balik

Baca Juga:
CEK FAKTA: Pembukaan Misa Minggu di Vatikan Pakai Lagu Berbahasa Indonesia?

Salah satu gedung yang terletak di distrik South Kensington, London, mengalami kerugian besar setelah dibeli Sekretariat Negara Vatikan sebagai investasi pada 2014.

Berita Terbaru