Terbang ke Sulawesi, Ini Agenda Kunjungan Jokowi di Lokasi Gempa Sulbar

NKRIKU.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (19/1/2021), bertolak menuju Provinsi Sulawesi Barat untuk meninjau penanganan bencana gempa yang terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi bersama dengan rombongan terbatas dan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat, lepas landas menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Jokowi bertolak ke Mamuju dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.35 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Tampa Padang, Sulawesi Barat, Kepala Negara dan rombongan terbatas diagendakan untuk langsung bergerak menuju posko pengungsian bagi warga terdampak gempa dan meninjau kerusakan rumah warga beserta sarana umum yang berlokasi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Berita Populer  Mensos Tersangka, KAMI Sebut Revolusi Mental Jokowi Gagal

Baca Juga:
Usai Tinjau Banjir Kalsel, Hari Ini Jokowi Bergerak ke Lokasi Gempa Sulbar

Dari Kabupaten Majene, Jokowi dijadwalkan untuk kembali ke Kabupaten Mamuju untuk meninjau salah satu lokasi terdampak gempa dan lokasi pengungsian lainnya.

Kunjungan tersebut dilakukan Jokowi sehari selepas kunjungan serupa ke Provinsi Kalimantan Selatan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diagendakan untuk langsung bertolak menuju Jakarta pada sore harinya selepas peninjauan tersebut.

Dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Barat, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Berita Populer  Fakta Miris Petani, Profesi Dibanggakan Jokowi ke Anak Muda

Sebelumnya pada Senin (18/1/2021), Jokowi juga meninjau sejumlah sarana di daerah tersebut yang rusak akibat banjir.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Terbang ke Mamuju Sulawesi Barat, Tinjau Pusat Gempa

Jokowi juga menginstruksikan agar bantuan logistik bagi para pengungsi dapat disiapkan secepatnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data per 18 Januari 2021 pukul 14.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1/2021), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat menjadi 84 orang, dengan rincian 73 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene.

Berita Populer  Mengapa Luhut Yakin Target Investasi Rp 900 T yang Ditetapkan Jokowi Tercapai?

Selain itu, tercatat 679 orang luka ringan serta terdapat 253 orang mengalami luka berat, yaitu 189 orang luka berat di Kabupaten Mamuju dan 64 orang luka berat di Kabupaten Majene.

Pusdalops BNPB juga melaporkan sebanyak 19.435 orang pascagempa M6,2, antara lain 4.421 orang mengungsi di Kabupaten Majene dan 15.014 orang mengungsi di Kabupaten Mamuju.

BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI – Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi.

Berita Terbaru