by

Terkini Bisnis: Dahlan Iskan Cerita Kisruh Minyak Goreng, Fahmi Idris Meninggal

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Berita ekonomi dan bisnis sepanjang Ahad, 22 Mei, diramaikan oleh pelbagai isu. Pada akhir pekan, berita tentang Dahlan Iskan yang mengomentari pencabutan larangan ekspor CPO dan minyak goreng masih menarik perhatian pembaca.

Ada pula kabar duka dari mantan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris. Fahmi meninggal pada Ahad, setelah dirawat di ICU Rumah Sakit Medistra, Jakarta, pukul 10.00 WIB.

Berita Populer  Kemenperin Ingatkan Industri Minyak Sawit Pasok Minyak Goreng Curah

Berikut ini empat berita yang banyak menarik perhatian pembaca sepanjang Ahad.

1. Dahlan Iskan Cerita Soal Kisruh Minyak Goreng, Lin Che Wei, dan Reputasi Jokowi

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai pencabutan larangan ekspor CPO adalah keniscayaan. Dalam tulisannya berjudul “Reputasi Segalanya” di laman disway.id, Sabtu, 21 Mei 2022, Dahlan menyatakan larangan ekspor CPO akan berbuntut panjang apabila diteruskan.

Berita Populer  Blusukan Ke Pasar Di Magelang, Jokowi Yakin Stok Minyak Goreng Cukup Jelang Ramadhan

Pasalnya, larangan ekspor CPO membuat petani sawit kecewa karena membuat harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit anjlok dan merugikan mereka. Keputusan pemerintah akhirnya kembali mengizinkan ekspor CPO, menurut Dahlan, juga sudah bisa ditebak setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi belakangan turun ke pasar meninjau harga minyak goreng.

Berita Populer  Ini Daftar Bansos PPKM Darurat Senilai Rp 39,9 Triliun

“Jokowi tinjau pasar. Cek minyak goreng. Dua hari lalu. Perasaan publik langsung meraba: larangan ekspor CPO pun pasti dicabut… Benar. Anda pun segera tahu. Tidak sampai 24 jam kemudian larangan ekspor CPO dicabut,” tulis Dahlan Iskan, Sabtu, 21 Mei 2022.

Baca selengkapnya tentang minyak goreng di sini.