Terkini Bisnis: Isu Merger Gojek dan Tokopedia hingga Soal Proyek Mandalika

NKRIKU, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis pada Kamis siang, 1 April 2021, dimulai dari isu merger Gojek dan Tokopedia pada 9 Maret hingga pakar PBB soroti perampasan tanah dan pelanggaran HAM di proyek Mandalika.

Adapula berita soal pencurian dana nasabah oleh pegawai Bank Riau Kepri (BRK) dan Indeks Harga Saham Gabungan yang menguat 0,43 persen.

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis siang ini.

Berita Populer  Tokopedia Catat 11 Juta Penjual, Hampir 100 Persen UMKM

1. Ada Isu Merger Sejak 9 Maret, Gojek dan Tokopedia Kompak Emoh Tanggapi Spekulasi

Gojek, salah satu raksasa platform ride-hailing Asia Tenggara, disebut telah melakukan merger Tokopedia sejak 9 Maret 2021.

Berdasarkan laman Crunchbase yang dikutip Bisnis.com, Kamis, 1 April 2021, Gojek diketahui menempuh jalur akuisisi terhadap Tokopedia, yang merupakan platform marketplace, pada 9 Maret 2021.

Ketika dikonfirmasi soal kabar merger tersebut, VP Corporate Communications Gojek Audrey Petriny mengaku tidak bisa memberikan komentar lebih jauh. “Kami tidak dapat menanggapi spekulasi yang ada di pasar,” kata Audrey.

Berita Populer  Terkini Bisnis: Pelonggaran PPKM Level 4 Hingga Cerita Pilot AirAsia Jualan Ikan

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Tokopedia. “Kami tidak dapat menanggapi spekulasi yang ada di pasar,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak.

Pada awal Maret 2021, Tokopedia dan Gojek dikabarkan telah menandatangani perjanjian penjualan dan pembelian bersyarat (Conditional Sales and Purchase Agreement/CSPA) terkait dengan perjanjian merger kedua perusahaan.

Berita Populer  IHSG Keok ke 5.810 pada Hari Ini, 4 Desember 2020

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah portal finansial, valuasi perusahaan hasil merger tersebut diperkirakan mencapai US$ 35 miliar—US$ 40 miliar. Kemudian, pemegang saham Gojek akan memiliki 60 persen saham di entitas hasil merger tersebut. Sebaliknya, sisanya 40 persen akan dimiliki Tokopedia.

Baca berita selengkapnya di sini.

Berita Terbaru