by

Terkini Bisnis: Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan, Token ASIX Anang

Pasang

NKRIKU, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Sabtu, 12 Februari 2022, dimulai dari sebagian saldo jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan bisa cair sebelum usia peserta 56 tahun hingga Indodax menyebut token kripto ASIX Anang Hermansyah penuhi kriteria untuk listing.

Adapula berita tentang PT Angkasa Pura I (Persero) bersama anak usahanya PT Angkasa Pura Suport (APS) bersinergi menyukseskan pelaksanaan Tes Pramusim MotoGP dan AirAsia Aviation Limited (AAAL), induk usaha grup maskapai AirAsia, mengumumkan reorganisasi dan strategi baru.

Berita Populer  Deretan Aset Kripto Lokal yang Dimiliki Beberapa Selebritas

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang siang ini:

1. BPJS Ketenagakerjaan: Sebagian Saldo Jaminan Hari Tua Bisa Cair sebelum 56 Tahun

Jaminan hari tua atau JHT bisa dicairkan sebagian tanpa menunggu peserta berusia 56 tahun. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menuturkan kondisi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua yang disahkan pada 4 Februari 2022.

Berita Populer  Profil Marc Marquez, Juara Dunia yang Datang ke Indonesia Siap Jajal Sirkuit Mandalika

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek Dian Agung Senoaji menuturkan peserta masih dapat mencairkan sebagian saldo jaminan hari tua atau JHT sebesar 30 persen dengan ketentuan minimal kepesertaan 10 tahun.

“Peserta masih bisa melakukan pencairan sebagian saldo JHT sebesar 30 persen untuk kepemilikan rumah atau 10 persen untuk keperluan lain dengan ketentuan minimal kepesertaan 10 tahun,” kata Agung, Jumat, 11 Februari 2022.

Berita Populer  Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagarkerjaan, Jangan Sampai Keliru Mengartikannya!

Sesuai dengan Permenaker Nomor 2/2022, peserta yang mengundurkan diri, PHK atau meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya, manfaat JHT akan dibayarkan pada saat peserta mencapai usia 56 tahun. Namun bagi peserta yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya dengan status WNA, maka saldo JHT dapat langsung dicairkan.

“Bagi pekerja yang mengalami PHK, pemerintah telah menyiapkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan [JKP] dengan manfaat uang tunai, akses lowongan kerja dan pelatihan kerja,” katanya.

Baca berita selengkapnya di sini.