by

Terkini Bisnis: Kisah Asal Mula NFT Ghozali, Tanah Lempung Lapuk Kereta Cepat

NKRIKU, Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Kamis siang, 14 Januari 2022 dimulai dari Ghozali Everyday menceritakan awal mula dirinya mengunggah swa-foto atau foto selfie non-fungible token (NFT). 

Berikutnya ada berita tentang temuan tim ESDM soal 428 perusahaan yang tidak pernah menjalankan DMO batu bara dan KCIC bicara soal tanah lempung di lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Lalu ada berita tentang cara jual beli NFT di OpenSea serta SpaceX yang mengincar lokasi IKN.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan dari lima berita trending tersebut.

1. Cerita Ghozali Everyday Raup Rp 1,5 M dari Selfie NFT, Awalnya Cuma Bercanda

Sultan Gustaf AL Ghozali alias Ghozali Everyday menceritakan awal mula dirinya mengunggah swa-foto atau foto selfie non-fungible token (NFT). Foto itu tak dinyana menghasilkan keuntungan hingga Rp 1,5 miliar.

Ghozali menuturkan awalnya ia tak berniat serius mengunggah fotonya di platform OpenSea. OpenSea merupakan pasar jual beli NFT yang kesohor dengan perputaran uang terbesar.

“Awalnya saya hanya bergurau dengan teman tentang foto wajah yang saya upload di situs NFT,” ujar Ghozali dalam rekaman wawancaranya yang disampaikan melalui Humas Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Jumat, 14 Januari 2022.

Foto yang ia unggah pada Desember 2021, kata Ghozali, adalah potret lama. Foto wajahnya sudah ia ambil sejak lulus SMK pada 2017. Dalam foto yang dijual di platform OpenSea dan laku miliaran, Ghozali tampak duduk di depan kursi berwarna merah dengan latar blur.

Tak hanya satu foto, rupanya ia mengunggah sampai 932 lembar. Foto-foto ini baru diunggah sejak Desember 2021 lalu. “Dan akan saya lanjutkan hingga lulus kuliah,” katanya.

Simak lebih jauh tentang NFT di sini.

Berita Terbaru