by

Terkini Bisnis: Tak Pasti Nasib Investasi Tesla, Luhut Urus Minyak Goreng

Pasang

NKRIKU, Jakarta –┬áSederet isu meramaikan pemberitaan kanal ekonomi dan bisnis hari ini, Senin, 23 Mei 2022. Pembaca menyoroti berita seputar penunjukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menyelesaikan masalah minyak goreng. Perintah datang langsung dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ada pula nasib investasi Tesla Inc. yang sampai saat ini belum ada kejelasan. Selain itu, berita hari ini diramaikan dengan demo nasaban Bumiputera serta jawaban Kementerian BUMN soal keragu-raguan terhadap IPO GoTo.

Berikut ini berita terkini di kanal ekonomi dan bisnis.

1. Ini Sederet Tugas Khusus Luhut dari Jokowi untuk Urus Minyak Goreng

Juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, menjelaskan tugas khusus Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengurusi masalah minyak goreng. Jodi mengatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu diminta Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan ketersediaan stok dan mengawasi distribusi minyak goreng sesuai dengan target.

“Pemerintah akan mengawasi secara ketat kebijakan pasca-larangan ekspor ini dan akan terus melakukan paralel meeting terkait hal ini,” ujar Jodi saat dihubungi melalui pesan pendek, Senin, 23 Mei 2022.

Adapun Luhut mengkoordinasikan penyaluran minyak goreng untuk wilayah Jawa dan Bali. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Luhut akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Jodi menjelaskan, Kemenko Perekonomian tetap akan bertindak sebagai lead atau pemimpin yang mengkoordinasikan masalah minyak goreng. Kemenko Marves pun akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, hingga Satgas Pangan, Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca selengkapnya di sini.