oleh

Tilap Uang Nasabah 2,3 M, RDM Diringkus Dit Reskrimsus Polda Sulsel

Makassar, nkriku.com — Perempuan berinisial RDM (28Th) sebagai Teller Unit BRI Toddopuli Cabang Panakkukang Makassar, di ringkus Anggota Direktorat Kriminal khusus Polda Sulsel, di Lobi Hotel Gammara, Sabtu 26/01/19.

RDM di tangkap Subdit II, Fismondev Dit Reskrimsus Polda Sulsel, atas dugaan penggelapan uang nasabah sebesar Rp 2,3 Milliar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani membenarkan hal ini, Ia mengatakan RDM melakukan aksinya sejak April 2018 terhadap 47 nasabah BRI.

“Ada 50 rekening milik 47 nasabah dengan total sebesar 2,3 Milliar,” ujar Dicky saat ditemui wartawan di Ruang Dit Krimsus Polda Sulsel, Rabu (30/01/19).

Baca juga  Bekuk Penganiayaan Malam Tahun Baru, Tersangka D dan R Jadi Buron Polres Bantaeng

Kombes Pol Dicky Sondani menambahkan bahwa tersangka terancam pasal 49 (1) huruf (a) dan (b) UU RI No 7 Tahun 1992 ttg Perbankan sebagaimana telah diubah UU RI No 10 Tahun 1998 dengan ancaman pidana 5 sampai dengan 15 tahun penjara dasar ini Ia (tersangka red) meringkuk dalam sel, imbuhnya.

MODUS OPERANDI:

Bahwa pada bulan April 2018 s/d Desember 2018, tersangka RDM yang menjabat selaku teller pada Kantor Unit BRI Toddopuli Cabang Panakkukang Makassar, telah mengambil uang nasabah dengan cara sebagai berikut:

Baca juga  Kapolres Selayar Ramah Tamah Bersama Wartawan Peringati Hari Pers Nasional ke-73

1. Mengambil uang dengan cara tidak menyetorkan semua uang Nasabah ke Sistem BRI.

2. Apabila Nasabah menarik uang yang bersangkutan maka RDM mengambil uang melebihi jumlah penarikan Nasabah. Jumlah nasabah yg ditarik dananya sebanyak 47 org nasabah yang jumlahnya sebesar Rp 2,3 M.

3. Melakukan penarikan tunai dengan menggunakan slip penarikan dengan memalsukan tandatangan Nasabah kemudian diinput dalam sistem BRINET BRI seolah olah ada penarikan tunai yang dilakukan oleh Nasabah BRI.

Baca juga  Polres Bantaeng Sosialisasikan Commander Wish Kapolda Sulsel

4. Mengambil sebagian atau seluruh dana yg disetorkan atau ditarik tunai oleh Nasabah melalui tersangka pada saat sebagai teller.

5. Buku Rekening tidak dicetak melalui sistem BRINET tapi dicetak menggunakan microsof Exel yang telah dibuat oleh tersangka, sehingga nasabah tidak mengetahui setoran atau saldo yg ditarik telah diambil oleh tersangka sebanyak 47 nasabah dari 50 buku rekening.

Rind/Mj

Loading...

Baca Juga: