Tips Aman dan Nyaman Berbelanja di Tengah Pandemi Covid-19

NKRIKU Di tengah pandemi Covid-19, kita harus lebih waspada dan hati-hati saat melakukan berbagai kegiatan. Kamu mungkin merasa sangat enggan dan was-was untuk keluar rumah selama pandemi ini.

Meski demikian, ada kalanya keluar rumah menjadi suatu yang harus karena menyangkut perihal persediaan kebutuhan sehari-hari di rumah.

Saat kebutuhan sudah menipis dan mengharuskan untuk kita pergi ke pasar atau swalayan, kamu tentu bertanya-tanya bagaimana cara yang tepat dan aman selama berbelanja?

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar kamu tetap bisa berbelanja aman di tengah pandemi Covid-19.

1. Menggunakan masker

Hal pertama dan wajib kamu lakukan sebelum pergi berbelanja di tengah pandemi adalah memastikan untuk menggunakan masker. Kamu bisa menggunakan masker kain untuk berbelanja ke luar.

Berita Populer  Sekarang Waktu Tepat Beli Properti, Simak Tips Amannya Berikut Ini

Tentu saja penggunaan masker kain ini dimaksudkan untuk mencegah kita menularkan virus ke orang lain.

2. Jaga jarakĀ 

Pasar memang selalu ramai, namun, sangat disarankan agar sebisa mungkin menjaga jarak fisik sejauh 6 kaki (1,8 meter) selama berada di pasar, hindari lokasi yang berdesak-desakan.

3. Jangan terlalu sering berbelanja

Saat pandemi, kamu tidak perlu sering berbelanja, cukup dua minggu sekali. Dengan begini kamu tidak akan sering ke supermarket atau pasar.

Pastikan untuk membuat daftar terlebih dahulu di rumah, apa saja kebutuhan yang akan dibeli di supermarket. Pastikan kebutuhan cukup untuk kamu dan keluarga konsumsi selama dua minggu ke depan.

Berita Populer  Pahami 4 Hal Penting Ini Sebelum Kamu Ajukan Pinjaman Online!

Jika memiliki daftar barang apa saja yang akan dibeli, kamu bisa mencari bahan-bahannya dengan mudah dan cepat.

4. Segera mandi setelah belanja

Tips belanja saat pandemi selanjutnya adalah mandi besar sehabis pulang dari supermarket atau pasar. Meskipun kamu sudah mandi sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mandi lagi begitu sampai di rumah, agar tubuh terbebas dari virus-virus yang tidak diinginkan.

Lalu, langsung cuci semua baju dan celana yang dikenakan saat berbelanja. Mengapa harus langsung dicuci? Agar bakteri atau kuman yang dibawa tidak tertumpuk dengan baju lainnya.

Berita Populer  Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Pinjam Uang Online Ya!

5. Cuci perlengkapan dan barang belanjaan

Bersihkan kotak atau kaleng berisi makanan dengan kain basah atau cuci dulu sebelum menyimpannya untuk mengurangi kemungkinan virus yang menempel di barang belanjaan kamu.

Jangan lupa juga, cuci buah dan sayuran dengan baik di bawah air mengalir selama setidaknya 20 hingga 30 detik, dan untuk sayuran seperti kentang dan wortel gunakan sikat untuk menggosoknya, lalu biarkan hingga kering.

Jika kamu menggunakan tas kain untuk berbelanja, pastikan cuci dengan sabun atau detergen dan air, lalu keringkan sebelum kamu menggunakannya lagi. []

Berita Terbaru