Tips Mendapatkan Tidur Malam yang Nyenyak Menurut Para Ahli

NKRIKU.COM – Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan, karena saat kita kurang tidur banyak hal buruk yang akan terjadi.

Misalnya saja menjadi sulit untuk berkonsentrasi, penurunan fungsi kekebalan tubuh, kelelahan adrenal, gangguan fungsi seksual, dan peningkatan risiko kenaikan berat badan yang tidak terkontrol.

Bahkan saat kita kurang tidur, dalam jangka panjang menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes tipe dua, kanker, serangan jantung, demensia, obesitas.

Berita Populer  Mengapa Kita Cenderung Tidak Mendengar Saat Tidur?

Dilansir dari Express, seorang ahli terapi nutrisi di Pulse Light Clinic membagikan kiat-kiat supaya bisa tidur malam dengan nyenyak.

“Meningkatnya tingkat stres, berkurangnya paparan sinar matahari, dan paparan cahaya biru yang berlebihan (TV, Ponsel, iPad, Laptop dll) semuanya mempengaruhi dan berdampak pada alam. ritme sirkadian secara negatif dan karenanya mengganggu tidur,” jelasnya.

Berita Populer  6 Sunah Rasul Setelah Bangun Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak kamu harus menghindari cahaya biru selama 1-2 jam sebelum tidur. Jika kamu harus terkena cahaya biru, kenakan kacamata dengan lensa kuning atau merah.

Selain itu kamu juga bisa mandi atau berendam sebelum tidur dan juga tidur telanjang yang akan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Kamu juga harus memastikan kamar tidur sejuk dan gelap tanpa cahaya sama sekali.

Berita Populer  Waktu Terbaik Untuk Bangun dan Tidur Yang #KAMUHARUSTAU

Tips lainnya ialah:

Hindari makanan manis setidaknya tiga jam sebelum tidur. Hindari kafein setelah jam 4 sore. Jaga rutinitas dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Ini membantu membangun kembali siklus tidur pribadi kamu jika tidak teratur. Gunakan alat bantu tidur alami jika diperlukan, teh camomile, akar valerian, kalsium dan magnesium atau suplemen 5-HTP. Teknik pernapasan relaksasi juga dapat membantu.Artikel Menarik Lainnya:

Berita Terbaru