Tips Teknologi: Hapus Aplikasi yang Ditautkan ke Akun Facebook

NKRIKU, Jakarta – Tips teknologi kali ini Tempo mengulas cara menghapus aplikasi yang ditautkan ke akun Facebook. Karena jika salah melakukan penghapusan, aplikasi yang dihapus baik secara otomatis setelah 90 hari tidak aktif atau secara manual oleh pengguna sendiri, masih bisa mengakses beberapa data Facebooknya. 

Kebanyakan, pengguna pernah masuk ke aplikasi pihak ketiga atau situs web menggunakan akun Facebook. Namun, aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu memberikan contoh spesifik mengenai kesalahan penggunaan, seseorang menggunakan aplikasi kebugaran untuk mengundang temannya untuk latihan, tapi tidak menyadari bahwa beberapa teman telah tidak aktif selama berbulan-bulan.

Aplikasi kemudian dapat mengumpulkan lebih banyak data tanpa mendapatkan otorisasi dari pengguna, hanya karena telah digunakan sebelumnya. Meskipun tampaknya tidak ada niat jahat, bug seperti ini masih dapat menyebabkan masalah keamanan.

Berita Populer  Pengungsi Rohingya Gugat Meta Rp 2.152 Triliun di California

Untungnya, Facebook segera memperbaiki masalah ini dan tidak menemukan bukti kebocoran atau kesalahan penanganan data. Namun, ini adalah saat yang tepat untuk menghapus aplikasi apa pun yang tertaut ke akun Facebook yang tidak digunakan lagi, berikut caranya, seperti dikutip laman Life Hacker, 3 Juli 2020:

1. Buka aplikasi Facebook di iOS atau Android, atau buka Facebook.com di browser jika Anda menggunakan desktop.

2. Buka menu Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan klik/ketuk pilihan ‘Aplikasi dan Situs Web’. Ini membuka menu baru dengan daftar semua aplikasi pihak ketiga dan situs web yang Anda masuki dengan Facebook atau telah memberikan akses ke akun Facebook Anda dengan cara tertentu.

Berita Populer  Facebook Tambah Fitur Video Musik, Sudah Hadir di Amerika

3. Hapus semua aplikasi yang tidak lagi ingin ditautkan ke akun Facebook Anda (catatan: pastikan untuk mencadangkan dan/atau menghapus data dari aplikasi/ situs web yang ingin Anda simpan sebelum memutuskan tautannya dari akun Facebook Anda).

4. Jika Anda tidak melihat aplikasi apa pun yang terdaftar itu berarti Anda belum pernah masuk ke aplikasi pihak ketiga menggunakan Facebook. Atau sudah cukup lama Facebook menghapusnya dari akun untuk Anda (Facebook mulai secara otomatis menghapus aplikasi dari pengguna akun jika mereka tidak diakses selama 90 hari).

Berita Populer  Instagram Resmi Luncurkan Fitur QR Code Secara Global, Ini Cara Pakainya!

Aplikasi yang dihapus/tidak tertaut mungkin masih memiliki data yang sebelumnya dikumpulkan pada Anda, tetapi tidak akan dapat melacak Anda setelah dihapus.

Selain itu, menu ‘Aplikasi dan Situs Web’ juga memungkinkan pengguna mengedit interaksi default akun dengan aplikasi pihak ketiga melalui Facebook. Cukup klik tombol Edit di bawah Aplikasi, Situs Web dan Game atau panel Game dan Notifikasi Aplikasi untuk menghidupkan/mematikan fitur.

Mematikan Aplikasi, Situs Web, dan Game juga akan menghapus semua aplikasi eksternal dari akun Facebook. Hal itu juga mencegah berbagi/menyukai konten dari situs web atau platform lain menggunakan pintasan Facebook yang disematkan, tapi itu adalah cara terbaik untuk menghentikan situs web lain melacak aktivitas akun.

LIFE HACKER | FACEBOOK

Berita Terbaru