Tokopedia Sebut Penjualan Makanan Dua Kota di Papua Ini Naik Pesat

NKRIKU, Jakarta – Tokopedia menyebut Kabupaten Sarmi dan Waropen di Provinsi Papua menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah penjual makanan serta minuman paling pesat, diikuti beberapa daerah lainnya.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan selain Sarmi dan Waropen, masih ada Nias Utara, Kolaka Utara serta Tidore Kepulauan menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling pesat pada kategori makanan minuman pada Tokopedia. 

“Di sisi lain, Kabupaten Jayawijaya, Waropen, Nias Utara, Tidore Kepulauan serta Pegunungan Bintang menjadi daerah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di kategori tersebut,” katanya dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Senin 18 Oktober 2021. 

Berita Populer  Gojek - Tokopedia Siap Buktikan Hak Merek GoTo di Pengadilan

Menurut Ekhel, lima sub kategori makanan minuman paling laris di Tokopedia antara lain pertama Bumbu dan Bahan Masakan, kedua Makanan Ringan, ketiga Produk Susu, keempat Minuman dan kelima Makanan Beku.

“Peningkatan yang terjadi pada kategori makanan minuman di berbagai daerah ini ini tidak terlepas dari upaya Tokopedia dalam mendekatkan produk buatan UMKM dengan masyarakat setempat melalui inisiatif ‘Hyperlocal’,” ujarnya.

Berita Populer  Pemerintah Siapkan Paket Stimulus Baru Buat UMKM T

Dia menjelaskan turunan inisiatif “Hyperlocal” mencakup Tokopedia Nyam, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.

“Lewat inisiatif tersebut kami berharap masyarakat bisa memenuhi kebutuhan harian dari penjual terdekat dengan lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia termasuk yang bergerak di industri makanan dan minuman punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” katanya lagi.

Berita Populer  Indonesia UKM Forum, Upaya Kementerian BUMN dan Pertamina Berdayakan UMK Naik Kelas

Dia menambahkan Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar produk UMKM lokal bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia supaya bisa bangkit bersama memulihkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi, mengingat UMKM adalah tulang punggung ekonomi.

Sekadar diketahui, masyarakat bisa menggunakan kode MAKANHEMAT untuk mendapatkan cashback ketika membeli voucher makan di kategori produk digital Tokopedia hingga 31 Oktober 2021.

BACA: Pemerintah Gandeng Tokopedia Fasilitasi dan Sosialisasi NIB Pelaku UMKM

Berita Terbaru