Top 3 Tekno Berita Hari Ini: 5 Hari Internet Papua Mati, Gempa Sabang, Alkohol

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang jaringan internet di Papua, khususnya wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta sekitarnya, mengalami gangguan sejak Jumat, 30 April 2021, karena adanya perbaikan kabel optik bawah laut. Hal itu menyebabkan transportasi dan usaha online di sana terkena dampaknya.

Berita terpopuler selanjutnya tentang gempa kembali terasa menggoyang Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, pada malam ini, Selasa 4 Mei 2021. Magnitudo gempa terkini tercatat lemah, yakni 3,4, dengan intensitasnya terukur hanya pada skala II MMI. Guncangan gempa itu hanya bisa dirasakan sebagian orang yang berada di dalam rumah.

Selain itu, Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) Inggris melaporkan pihaknya tidak menemukan bukti bahwa alkohol berpengaruh pada kemanjuran vaksin Covid-19. Hal itu muncul menanggapi pro kontra di media sosial mengenai konsumsi alkohol setelah disuntik vaksin.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

Berita Populer  Sandiaga Uno Buat Aplikasi Telusur untuk Lacak Persebaran Wisatawan di Bali

1. 5 Hari Internet Mati, Transportasi dan Usaha Online di Papua Terganggu

Jaringan internet di Papua, khususnya wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta sekitarnya, mengalami gangguan sejak Jumat, 30 April 2021, karena adanya perbaikan kabel optik bawah laut. Hal itu menyebabkan transportasi dan usaha online di sana terkena dampaknya.

Hari Suroto, yang bekerja di Balai Arkeologi Papua, menceritakan bahwa selama lima hari matinya jaringan internet itu membuat aktivitas ekonomi terganggu.

“Terutama pelaku usaha UMKM market place lokal sangat terganggu, pendapatan berkurang banyak, jasa kurir antarbarang, juga pendapatan menurun,” ujar dia melalui pesan SMS, Selasa malam, 4 Mei 2021.

Saat ini, kata Hari, dirinya hanya menggunakan fitur telepon dan pesan SMS untuk berkomunikasi. “Itu pun masih sering gagal.”

2. BMKG Catat Gempa Terkini di Kota Sabang, Ini Datanya

Ilustrasi gempa bumi

Gempa kembali terasa menggoyang Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, pada malam ini, Selasa 4 Mei 2021. Magnitudo gempa terkini tercatat lemah, yakni 3,4, dengan intensitasnya terukur hanya pada skala II MMI. Guncangan gempa itu hanya bisa dirasakan sebagian orang yang berada di dalam rumah.

Berita Populer  Lonjakan Kasus Covid Dua Pekan Usai Libur Panjang

Berdasarkan info dari situs web Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempa itu terjadi pada pukul 19.04 WIB. Sumbernya berada di laut, 18 kilometer arah barat daya Kota Sabang, dengan kedalaman hanya lima kilometer.

Gempa dari laut arah barat daya Kota Sabang sebelumnya terjadi dua kali sepanjang Senin. Masing-masing pada pukul 03.49 dan 18.35 WIB dengan kekuatan 4,8 dan 3,5 M. Gempa yang pertama menyebabkan guncangan hingga skala IV MMI di Banda Aceh.

Sebelumnya lagi, tiga kali gempa dirasakan pada Sabtu dan satu kali pada Jumat. Gempa pada Jumat tercatat yang terkuat dari rentetan gempa tersebut, yakni 5,3 M. Guncangannya terukur pada skala III MMI di Banda Aceh dan lebih lemah di Kota Sabang.

3. Bolehkah Konsumsi Alkohol Setelah Suntik Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

Berita Populer  Kesembuhan Covid-19 di Jawa Tengah Meningkat Pesat

12_iltek_ilustrasiminumalkohol

Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) Inggris melaporkan pihaknya tidak menemukan bukti bahwa alkohol berpengaruh pada kemanjuran vaksin Covid-19. Hal itu muncul menanggapi pro kontra di media sosial mengenai konsumsi alkohol setelah disuntik vaksin.

“Saat ini tidak ada bukti bahwa meminum alkohol mengganggu kemanjuran vaksin Covid-19,” ujar pihak MHRA, seperti dikutip Daily Mail, Selasa, 4 Mei 2021.

Sebelumnya, lembaga independen penggunaan alkohol Drinkaware menyarankan adanya bukti bahwa minum alkohol dalam jumlah banyak dapat mengganggu respons tubuh terhadap vaksin yang digunakan di Inggris. Kabar tersebut beredar sejak Januari 2021.

Fiona Sim, kepala penasihat medis di Drinkaware, menyarankan agar setiap orang mempertimbangkan untuk tidak minum selama dua minggu setelah vaksinasi. Dia menekankan betapa pentingnya bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Gempa Aceh, Blokir WhatsApp, Covid-19 Indonesia

Berita Terbaru