Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Daftar 58 Ilmuwan Indonesia, Prodi A Terbanyak

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang 58 ilmuwan dari Indonesia yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi masuk dalam daftar 2% ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia. Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini dipublikasikan Stanford University dan Elsevier BV.

Berita terpopuler selanjutnya tentang prodi dengan akreditasi A merupakan salah satu aspek dari universitas yang bisa dibanggakan karena telah terbukti bahwa prodi yang mereka tawarkan memiliki daya saing serta kualitas yang tinggi. Banyak dari perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki prodi dengan akreditasi A, bahkan internasional.

Selain itu, erupsi Gunung Cumbre Vieja yang memuntahkan batuan panas sudah memasuki hari ke-40. Lelehan lava dari perut gunung api di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, itu telah mengular hingga memasuki permukiman dan hingga kini telah memaksa 7.500 jiwa mengungsi. Hingga hari ini pula belum ada tanda-tanda erupsi akan berhenti.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Daftar 58 Ilmuwan Indonesia Masuk Top 2% Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia

Berita Populer  Soal Annisa Pohan Pakai Barang Branded, Rachland: Kahiyang Juga Punya Banyak, Sana Maki!

Sebanyak 58 ilmuwan dari Indonesia yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi masuk dalam daftar 2% ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia. Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini dipublikasikan Stanford University dan Elsevier BV.

Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini secara tahunan diperbarui oleh Elsevier BV dan Stanford University. Yang terbaru, data ini diperbarui pada 20 Oktober 2021. Dalam pembaruan kali ini, terdapat 58 ilmuwan asal Indonesia yang masuk daftar 2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah 40 ilmuwan. Kendati demikian, Indonesia masih jauh tertinggal bila disbanding Malaysia, yang tahun 2020 lalu saja mampu memasukkan 388 ilmuwan dalam top 2% ilmuwan dunia yang paling berpengaruh.

Ini pun bila diteliti berdasarkan nama, ada beberapa nama yang bukan orang Indonesia. Mereka sepertinya ilmuwan asing yang bekerja di lembaga internasional yang berada di Indonesia. Adapula ilmuwan asal Indonesia yang bekerja di luar negeri yang masuk dalam pemeringkatan ini.

2. 5 Universitas di Indonesia dengan Akreditasi Prodi A Terbanyak

Berita Populer  BPPT Targetkan Platform Big Data Selesai Dibangun Tahun Ini

Prodi dengan akreditasi A merupakan salah satu aspek dari universitas yang bisa dibanggakan karena telah terbukti bahwa prodi yang mereka tawarkan memiliki daya saing serta kualitas yang tinggi. Banyak dari perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki prodi dengan akreditasi A, bahkan internasional.

Universitas Gadjah Mada yang terletak di Sleman, Jawa Tengah, memiliki prodi dengan akreditasi A terbanyak, yaitu sebanyak 205 prodi dari total 264 prodi. Selain itu, salah satu kampus terbaik di Indonesia ini juga memiliki prodi terakreditasi internasional terbanyak di Indonesia.

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terletak di Depok, Jawa Barat. Mengutip dari campus.quipper.com, Universitas Indonesia yang terkenal dengan singkatan UI ini memiliki 14 fakultas dengan lebih 291 program studi. Di UI sendiri terdapat 187 prodi berakreditasi A.

3. Diusulkan, Jatuhkan Bom untuk Sumbat Sungai Lava di La Palma

Erupsi Gunung Cumbre Vieja yang memuntahkan batuan panas sudah memasuki hari ke-40. Lelehan lava dari perut gunung api di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, itu telah mengular hingga memasuki permukiman dan hingga kini telah memaksa 7.500 jiwa mengungsi. Hingga hari ini pula belum ada tanda-tanda erupsi akan berhenti.

Berita Populer  Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Sumber Vitamin D, Varian Corona, Laptop Merah Putih

Pada Selasa lalu, seorang politikus di wilayah pendudukan Spanyol yang berlokasi di tengah Samudera Atlantik, itu menyuarakan ide menjatuhkan bom dari udara untuk bisa membelokkan aliran lelehan lava tersebut. Tujuannya, menyelamatkan kota di La Palma dari kerusakan lebih luas karena dilahap sungai material batuan panas gunung api itu.

Pada Selasa itu, kubah di kawah Cumbre Vieja memang dilaporkan runtuh, membimbing kepada potensi muntahan lava dengan volume yang lebih besar. Selain masuk ke kota, muntahan lava yang telah terjadi sejak 19 September lalu itu juga telah menyentuh laut. Total daerah aliran sungai lava yang tercipta sudah seluas 900 hektare. Sebanyak lebih dari dua ribu bangunan telah diterjangnya. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Universitas Brawijaya Jadi PTN Badan Hukum, Vaksin

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Terbaru