Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pelacakan Covid-19 Kontak Dekat Bupati Sleman

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Pemerintah Kabupaten Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melacak penularan Covid-19 yang mungkin terjadi di antara kontak dekat Bupati Sleman Sri Purnomo. Sang bupati telah mengumumkan positif terpapar virus corona pada Kamis 21 Januari 2021 dan beritanya viral karena Sri Purnomo termasuk yang sudah menerima suntikan dosis vaksin Sinovac.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Gempa Laut Selatan Jawa, Bau Pandan Bengkulu

Berita terpopuler selanjutnya tentang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerbitkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perlindungan Jenis Ikan yang menetapkan 20 jenis ikan bersirip sebagai jenis yang dilindungi.

Selain itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, dari 170 kasus positif baru yang terdata pada Jumat, 21 Januari 2021, tujuh di antaranya anak buah kapal dari KRI Teluk Ende.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Pelacakan Kontak Dekat Bupati Sleman Jaring 8 Kasus Positif Covid-19

Ilustrasi swab test atau tes usap Covid-19. REUTERS

Berita Populer  Gapkindo Catat Penjualan Karet Sumut di Pasar Lokal Anjlok

Pemerintah Kabupaten Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melacak penularan Covid-19 yang mungkin terjadi di antara kontak dekat Bupati Sleman Sri Purnomo. Sang bupati telah mengumumkan positif terpapar virus corona pada Kamis 21 Januari 2021 dan beritanya viral karena Sri Purnomo termasuk yang sudah menerima suntikan dosis vaksin Sinovac.

Pelacakan dilakukan dengan menggelar rapid test antigen terhadap sejumlah kalangan di Pendopo Parasamsya, Sleman, Jumat 22 Januari 2021. Mereka yang disasar seperti pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sleman, Sekretariat Daerah Sleman, serta awak media yang biasa meliput kegiatan Bupati Sleman.

“Dari hasil swab (antigen) 138 orang hari ini diketahui 8 orang positif Covid-19,” ujar Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, Jumat 22 Januari 2021.

Dari 8 orang yang positif Covid-19 itu, sebanyak 7 orang dari Dukcapil Kabupaten Sleman dan 1 orang staf yang bertugas di rumah dinas Bupati Sleman Sri Purnomo. Mereka, dituturkan Shavitri, tidak seluruhnya merupakan kontak erat Bupati Sleman Sri Purnomo. “Tidak semuanya yang diswab hari ini kontak erat bupati,” ujarnya.

2. KKP Tetapkan 20 Jenis Ikan Bersirip Termasuk Jenis Dilindungi

Berita Populer  China Sebut Dugem di Wuhan Tanda Kemenangan atas Covid-19

Ikan Arwana Emas. Wallpapertera.com

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerbitkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perlindungan Jenis Ikan yang menetapkan 20 jenis ikan bersirip sebagai jenis yang dilindungi.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP TB Haeru Rahayu, yang akrab disapa Tebe, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu, 23 Januari 2021, menjelaskan penetapan status perlindungan 20 jenis ikan bertujuan untuk menjaga dan menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungan jenis ikan.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Tebe, dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragaman sumber daya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Ke-20 jenis ikan tersebut antara lain meliputi pari sungai tutul, pari sungai raksasa, pari sungai pinggir putih, arwana Kalimantan, belida Borneo, belida Sumatera, belida lopis, belida Jawa, ikan balashark, dan wader goa.

Selain itu, ujar dia, adalah ikan Batak, pasa, selusur Maninjau, pari gergaji lancip, pari gergaji kerdil, pari gergaji gigi besar, pari gergaji hijau, pari kai, ikan raja laut, dan arwana Irian.

3. Kirim Bantuan Gempa, 7 ABK dan 7 Tenaga Medis KRI Teluk Ende Positif Covid-19

Berita Populer  Belanja Online Naik 400 Persen Saat Musim Corona

Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pengungsi gempa Mamuju dan Majene Sulawesi Barat saat tiba di Landasan Udara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis, 21 Januari 2021. Tes tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, dari 170 kasus positif baru yang terdata pada Jumat, 21 Januari 2021, tujuh di antaranya anak buah kapal dari KRI Teluk Ende.

Kapal perang tersebut bersandar di Pelabuhan Semayang, Kota Balikapapan, dalam rangka membantu mengirimkan bantuan yang terkumpul di Kalimantan Timur untuk korban gempa di Sulawesi Barat. Saat ini juga KRI Teluk Ende sudah berlayar menuju Mamuju, Sulawesi Barat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan para awak kapal yang positif Covid-19 itu telah menjalani isolasi di Balikpapan.

Menurut dr Juliarty, awalnya ada kru yang sakit di kapal. Sambil menangani yang sakit, kemudian dilakukan tracing (pelacakan) seluruh ABK. Hasilnya diketahui tujuh ABK positif terpapar Covid-19, sementara yang lainnya negatif. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Berita Terbaru