by

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Posisi Hilal Kritis, Fitur Lock Whatsapp

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang peneliti Pusat Riset Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, mengatakan posisi hilal awal Syawal 1443 H di Indonesia pada 1 Mei petang hari cukup kritis.

Berita terpopuler selanjutnya tentang aplikasi Whatsapp. Untuk menjamin keamanan privasi penggunannya, Whatsapp telah merilis fitur enskripsi ujung ke ujung. Hal ini membuat semua teks, obrolan, atau panggilan penggunanya tetap aman tanpa diketahui oleh siapa pun, bahkan pihak Whatsapp itu sendiri.

Selain itu, sejak 1 Mei 2022 lalu, secara bertahap akses TV analog di sejumlah daerah akan mulai dinonaktifkan. Sesuai dengan kebijakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), program pertelevisian akan mengalami migrasi yang sebelumnya menggunakan TV analog menjadi TV digital. Lantas, bagaimana cara mengubah TV analog model lama ke TV digital?

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Posisi Hilal 1 Syawal pada 1 Mei Kritis, Hanya Aceh Penuhi Kriteria MABIMS

Peneliti Pusat Riset Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, mengatakan posisi hilal awal Syawal 1443 H di Indonesia pada 1 Mei petang hari cukup kritis.

Berita Populer  Luhut Kirim Tim ke Arab Bahas Investasi IKN: Saya WA Terus dengan Crown Prince

Hal ini, menurutnya, mengingat ketinggian hilal di Indonesia sudah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri-Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura) yang baru, lebih besar dari 3°, yakni antara 3,75°- 5,55°, “akan tetapi elongasi atau sudut pisah antara Bulan-Matahari belum memenuhi kriteria MABIMS Baru, lebih besar dari 6,4°, yakni antara 4,88°-6,35°,” ujar Andi Pangerang, Sabtu, 30 April 2022.

Nilai-nilai ini dihitung saat Matahari terbenam seluruhnya di bawah ufuk, yang ditandai oleh piringan atas Matahari tepat akan meninggalkan ufuk. Meskipun demikian, ada provinsi tertentu di Indonesia yang justru memenuhi kriteria MABIMS Baru setelah Matahari terbenam.

Provinsi manakah itu? Ya, provinsi Aceh. Provinsi Aceh adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang elongasi hilalnya dapat mencapai 6,4° saat ketinggian hilal masih lebih besar dari 3°.

2. Cara Mengaktifkan Fitur Lock pada Whatsapp

Saat ini aplikasi Whatsapp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini digunakan agar tetap terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Untuk menjamin keamanan privasi penggunannya, Whatsapp telah merilis fitur enskripsi ujung ke ujung. Hal ini membuat semua teks, obrolan, atau panggilan penggunanya tetap aman tanpa diketahui oleh siapa pun, bahkan pihak Whatsapp itu sendiri.

Berita Populer  Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp: Tulisan Miring, Tebal, Coret Tengah

Selain memberikan keamanan secara internal, Whatsapp juga memberikan keamanan tambahan melalui fitur lock atau kunci aplikasi. Fitur ini memungkinkan keamanan data pribadi tetap terjamin meskipun perangkat atau ponsel berada di tangan orang lain. Dengan demikian, tanpa izin pengguna, aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka. Lantas, bagaimana cara mengunci aplikasi whatsapp?

Fitur lock atau kunci yang disediakan oleh Whatsapp berupa sidik jari yang muncul saat akan membuka Whatsapp di ponsel.

3. Cara Mengganti Saluran TV Analog ke TV Digital

Sejak 1 Mei 2022 lalu, secara bertahap akses TV analog di sejumlah daerah akan mulai dinonaktifkan. Sesuai dengan kebijakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), program pertelevisian akan mengalami migrasi yang sebelumnya menggunakan TV analog menjadi TV digital. Lantas, bagaimana cara mengubah TV analog model lama ke TV digital?

Berita Populer  Kapan Bulan Rajab 2022? Ini Ketentuan dari PBNU Berdasarkan Pantauan Hilal di 22 Titik di Indonesia

Melansir dari siarandigital.kominfo.go.id, TV digital merupakan siaran yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi dengan kualitas gambar dan suara yang lebih jernih serta teknologi yang canggih. Selain itu, siaran TV digital adalah layanan Free to Air (FTA) atau gratis sehingga berbeda dengan siaran streaming yang menggunakan internet dan gawai.

Tak hanya itu, siaran TV digital juga bukan layanan TV berlangganan melalui kabel ata satelit. TV digital bukan pula TV box atau smart TV yang terhubung melalui internet. Namun, melalui siaran TV digital, masyarakat masih bisa menikmati siaran televisi analog tetapi dengan sinyal digital. Karena itu, masyarakat dianjurkan untuk mengubah tangkapan sinyal antena rumah dari siaran analog ke digital. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Masuk IPB via Jalur Ketua OSIS, Rudal Sarmat Rusia

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.