Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Roket Cina di Luar Kendali, Covid-19 India

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang sebuah badan roket besar milik Cina melesat di sekitar Bumi di luar kendali, dan bisa jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan. Benda seberat 21 ton itu adalah tahap inti roket Cina Long March-5B.

Berita terpopuler selanjutnya tentang lonjakan kasus virus corona Covid-19 di India semakin memburuk dari hari ke hari, dan negara itu baru saja mencapai rekor baru yang suram. India melaporkan rekor tertinggi 401.993 kasus baru Covid-19 pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Tidak ada negara lain yang melewati 400.000 kasus harian.

Selain itu, sementara Sony telah mengumumkan Xperia 1 III, perusahaan itu belum mengumumkan harga dan ketersediaan handset andalan terbarunya tersebut. Namun, bocoran baru-baru ini mengisyaratkan harga untuk smartphone yang akan hadir di Cina.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Roket 21 Ton Cina Bakal Jatuh ke Bumi dengan Tidak Terkendali

Roket Long March-5B Y2. Kredit: Xinhua/Ju Zhenhua

Berita Populer  Anies Positif Covid-19, Istana Yakin Roda Pemerintahan DKI Berjalan Baik

Sebuah badan roket besar milik Cina melesat di sekitar Bumi di luar kendali, dan bisa jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan. Benda seberat 21 ton itu adalah tahap inti roket Cina Long March-5B .

Pada hari Rabu, 28 April 2021, Cina meluncurkan modul pertama dari stasiun luar angkasa baru yang sedang dibangun negara itu. Alih-alih jatuh ke tempat yang telah ditentukan sebelumnya di lautan, seperti yang biasa terjadi pada roket yang dibuang, tahap inti Long March-5B mulai mengelilingi Bumi tidak terkendali.

Badan roket kemungkinan akan jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan, jurnalis Andrew Jones, yang meliput program luar angkasa Cina, melaporkan untuk SpaceNews.

“Saya pikir dengan standar saat ini tidak dapat diterima untuk membiarkannya masuk kembali tanpa terkendali,” kata Jonathan McDowell, seorang astronom yang melacak objek yang mengorbit Bumi, kepada jurnalis Jones. “Sejak 1990 tidak ada benda seberat lebih dari 10 ton yang sengaja ditinggalkan di orbit untuk masuk kembali tanpa terkendali.”

Berita Populer  Penanganan Covid-19, Pemerintah : Angka Kesembuhan Capai 70 Persen

2. India Negara Pertama Catat 400.000 Kasus Covid-19 dalam Sehari

Lonjakan kasus virus corona Covid-19 di India semakin memburuk dari hari ke hari, dan negara itu baru saja mencapai rekor baru yang suram. India melaporkan rekor tertinggi 401.993 kasus baru Covid-19 pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Tidak ada negara lain yang melewati 400.000 kasus harian.

Krematorium di seluruh India dipenuhi dengan mayat. Pasien terengah-engah dan sekarat karena rumah sakit kehabisan oksigen. Negara itu telah melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru setiap hari selama sembilan hari berturut-turut sebelum mencapai angka 400.000.

India juga melaporkan lebih dari 3.500 kematian pada hari Sabtu – hari keempat berturut-turut jumlah kematian telah melampaui 3.000. Angka-angka itu kemungkinan besar di bawah jumlah sesungguhnya. Investigasi New York Times yang diterbitkan minggu ini menemukan bukti yang semakin banyak yang menunjukkan bahwa korban jiwa sedang diabaikan atau diremehkan oleh pemerintah.

3. Harga Ponsel Premium Sony Xperia 1 III Terungkap

Bocoran gambar Sony Xperia 1 III. Kredit: Steve Hemmerstoffer

Berita Populer  Herd Immunity di Swedia Gagal Lawan Corona COVID-19? Ini Datanya

Sementara Sony telah mengumumkan Xperia 1 III, perusahaan itu belum mengumumkan harga dan ketersediaan handset andalan terbarunya tersebut. Namun, bocoran baru-baru ini mengisyaratkan harga untuk smartphone yang akan hadir di Cina.

Menurut sebuah posting Weibo (via GSMArena), ponsel kelas premium dari raksasa teknologi Jepang tersebut akan memiliki harga mulai dari 8.499 Yuan (sekitar Rp 18,9 juta) untuk varian penyimpanan internal 256GB.

Untuk versi penyimpanan internal 512GB kelas atas dikatakan tersedia untuk 9.499 Yuan (Rp 21,2 juta). Harga ini mirip dengan harga yang terlihat di daftar pemesanan di muka yang ditemukan di toko web resmi perusahaan di Rusia.

Xperia 1 III akan diumumkan pada 20 Mei 2021 di Cina. Berbicara soal perangkatnya sendiri, smartphone ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 888 yang dipasangkan dengan layar 6,5 inci yang mendukung resolusi 4K dan refresh rate tinggi 120Hz. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Kuliah Hybrid ITB, Covid-19 Filipina, Vaksinasi AS

Berita Terbaru