Top 3 Tekno Berita Kemarin: Vaksinasi Covid-19 dan Daftar 7 Vaksinnya

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Kemarin, Kamis 25 Februari 2021, menempatkan artikel mengenai Vaksinasi Covid-19 dan 7 vaksin yang boleh beredar di Indonesia sebagai yang terpopuler. Artikel mengambil konteks pelaksanaan vaksinasi itu yang memasuki tahap kedua.

Artikel berikutnya adalah mengenai dampak bibit siklon tropis 98S untuk Pulau Jawa, terutama Yogyakarta. Kantor BMKG daerah setempat memprediksi cuaca esktrem bisa melanda Yogya 25-26 Februari ini.

Artikel yang ketiga mengabarkan kalau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mengkaji data dari hasil uji vaksin Covid-19 dosis sekali suntik yang dikembangkan raksasa farmasi Johnson & Johnson. Kesimpulannya, vaksin itu disebutkan aman dan efektif.  Keputusan resmi penggunaannya secara darurat akan dibuat Jumat ini waktu setempat.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin selengkapnya,

1. Periode Kedua Vaksinasi Covid-19, Ini 7 Vaksin yang Boleh Beredar di Indonesia

Berita Populer  5.5 Juta Orang Sudah Jalani Vaksinasi Covid-19

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai sejak Rabu, 13 Januari 2021, dengan orang pertama yang mendapat suntikan vaksin tersebut adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Disusul sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksinasi.

Presiden Jokowi dalam acara virtual Konferensi Internasional soal Menangani Pandemi Covid-19 pada Selasa, 23 Februari 2021, mengatakan Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memulai vaksinasi Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga telah menetapkan vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/2020.

“Dari awal pandemi, kita sudah bergerak untuk mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita Indonesia. Diplomasi vaksin kita sudah berjalan sejak awal pandemi,” kata Jokowi.

2. Bibit Siklon Tropis, Potensi Cuaca Ekstrem di Yogya Mulai Hari Ini

Bibit siklon tropis 98S yang mulai terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Timur pada Rabu lalu bakal mempengaruhi kondisi cuaca beberapa hari ke depan. “Secara tidak langsung bibit siklon ini juga berdampak pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah D.I Yogyakarta,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas, Rabu 24 Februari 2021.

Berita Populer  Di Prancis, Hanya Separuh Dosis Vaksin Covid-19 untuk yang Pernah Terinfeksi

Dia menjelaskan, keberadaan bibit siklon tersebut berdampak signifikan pada pembentukan pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera Selatan-Jawa-Nusa Tenggara. Cuaca ekstrem yang dimaksud berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Baca juga:
Sapuan Angin Kencang dan Hujan Petir Kejutkan Yogya, Ini Kata BMKG

Selain itu dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara. “Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal, memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta,” ujarnya.

Berita Populer  Gempa Terkini Guncang Buol di Sulawesi Tengah, Simak Data BMKG

3. FDA Simpulkan Vaksin Covid-19 Sekali Suntik Johnson & Johnson Aman

Vaksin Covid-19 dosis sekali suntik yang dikembangkan raksasa farmasi Johnson & Johnson aman dan efektif. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan hasil analisisnya itu, Rabu 24 Februari 2021, waktu setempat.

Vaksin dari Johnson & Johnson telah digunakan di Afrika Selatan, dan FDA merencanakan pertemuan pada Jumat besok untuk memutuskan apakah vaksin ini akan digunakan pula di Amerika. Di negara ini yang sudah digunakan sejauh ini adalah vaksin Covid-19 dari Pfizer/BioNTech dan Moderna.

Vaksin Johnson & Johnson sebenarnya telah ditunggu-tunggu karena, berbeda dari kedua vaksin itu, setiap dosis vaksin ini bisa disimpan pada suhu kulkas biasa. Sedang teknik yang diadopsi Pfizer dan Moderna membutuhkan penyimpanan pada suhu ultradingin. Pfizer yang paling berat karena mensyaratkan suhu penyimpanan hingga -70 derajat Celsius.

Berita Terbaru