Top 3 Tekno Berita Kemarin: WhatsApp Umumkan Nasib Akun Pengguna

NKRIKU, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Kemarin diisi artikel yang beragam dimulai dari pengumuman WhatsApp sebagai yang terpopuler. Aplikasi perpesanan milik Facebook itu membeberkan bagaimana akan memperlakukan akun milik pengguna yang menolak menyetujui pembaruan kebijakan privasi per 15 Mei mendatang.

Artikel kedua terpopuler kemarin adalah peristiwan gempa di Kalimantan. Gempa tepatnya bersumber dari darat, 41 kilometer arah tenggara Bulungan, Kalimantan Utara. “Gempa ini dilaporkan warga disertai suara gemuruh,” kata Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Artikel yang ketiga berisi update dari krisis Covid-19 di India yang dilaporkan menjalar ke negara tetangganya di Asia Selatan. Bangladesh, Pakistan dan terutama Nepal mulai mengalami lonjakan kasus dan banyak rumah sakitnya mulai kewalahan menerima pasien Covid-19.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Sabtu 8 Mei 2021, selengkapnya,

1. Pengumuman WhatsApp: Pengguna Tolak Pembaruan 15 Mei Akan Alami Ini

Berita Populer  Puluhan Jurnalis Jatim Korban Covid, Pemakaian Masker Disorot

WhatsApp menjelaskan bagaimana akan memperlakukan akun milik pengguna yang menolak menyetujui pembaruan kebijakan privasi di aplikasi itu. WhatsApp membeberkan penjelasannya di situs web resmi perusahaan.

Kepada mereka yang tetap menolak per 15 Mei mendatang, aplikasi perpesanan milik Facebook ini menyatakan akan terus memberi notifikasi meminta persetujuan yang dimaksud. Sebuah persistent reminder lalu akan disampaikan setelah beberapa minggu pengguna tetap menolak.

Penjelasan dari WhatsApp tentang yang akan terjadi pada akun pengguna yang menolak menyetujui pembaruan kebijakan privasi di aplikasi itu per 15 Mei 2021. gsmarena.com

Begitu pengguna melihat reminder itu, WhatsApp langsung beralih ke mode fungsi layanan yang terbatas. Jika itu terjadi, pengguna tidak akan bisa lagi mengakses chat list di aplikasinya. Tapi, ketika ada pesan masuk, pengguna itu masih bisa membuka dan membalasnya. Panggilan masuk audio maupun video juga masih bisa diterima.

Berita Populer  Imbauan Tak Mudik Imbas Corona, Sejumlah Terminal di DKI Sepi

2. Gempa di Kalimantan Utara Dilaporkan Disertai Gemuruh

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa di Kalimantan pada pagi tadi, pukul 04.41 WIB, Sabtu 8 Mei 2021. Gempa tepatnya bersumber dari darat, 41 kilometer arah tenggara Bulungan, Kalimantan Utara.

BMKG menyebut gempa berkekuatan Magnitudo 4,0–diperbarui menjadi 3,9–berasal dari kedalaman 11 kilometer. Intensitas gempa ini terukur pada skala III MMI (terasa nyata di dalam rumah) di Bulungan.

Peta lokasi gempa berkekuatan magnitudo 3,9 di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Foto/Twitter/@DaryonoBMKG

Lewat akun media sosialnya, Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan kalau hampir seluruh wilayah Kabupaten Bulungan bergetar. “Gempa ini dilaporkan warga disertai suara gemuruh,” katanya. Daryono menyertakan tagar waspada sesar aktif dalam unggahannya itu.

3. Krisis Covid-19 India Menjalar ke Tetangga, Asia Selatan Dibayangi Bencana

Krisis Covid-19 di India telah menjalar ke Nepal, tetangganya di utara. Kasus positif di Nepal tercatat sebesar 44 persen. Banyak rumah sakitnya juga sudah kelabakan menerima pasien infeksi virus corona.

Berita Populer  Tips Teknologi: Transfer Data WhatsApp Saat Ganti Smartphone

Situasi itu terutama terjadi di kota-kota di selatan negara itu yang berbatasan dengan India. Secara keseluruhan, Nepal mencatat laju penambahan kasus baru sebesar 57 kali lipat daripada periode bulan lalu.

Orang-orang terlihat di Kuil Pashupatinath di Kathmandu, Nepal, pada 16 Desember 2020. Kuil Pashupatinath di Nepal pada Rabu (16/12) pagi dibuka kembali untuk para umat Hindu, hampir delapan bulan usai ditutup karena pandemi COVID-19. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Masyarakat Palang Merah Nepal menyerukan dukungan darurat dunia internasional untuk mencegah bencana kemanusiaan di Nepal dan Asia Selatan secara keseluruhan. Dukungan dibutuhkan seiring dengan jumlah kasus Covid-19 di India yang telah melampaui angka 21 juta per artikel ini dibuat, Jumat 7 Mei 2021.

Berita Terbaru