Tugu ‘Alien’ Metal Hilang Misterius, Teka-tekinya Mulai Terungkap


NKRIKU – Sebuah objek aneh berupa tugu ‘alien’ metal seperti monolit yang muncul di tengah Gurun Utah telah hilang secara misterius. Hilangnya objek tugu ‘alien’ tersebut diperkirakan terjadi pada Jumat (27/11) malam waktu setempat. 

Menurut laporan CNET, pejabat dari Biro Pengelolaan Tanah di Utah, AS mengonfirmasi hilangnya benda logam aneh tersebut. Mereka tidak mengetahui siapa yang mengambil atau menghilangnya dari tempat pertama kali ditemukan 

“Kami telah menerima laporan yang dapat dipercaya bahwa bangunan yang dipasang secara ilegal, yang disebut sebagai “monolit” telah dihilang dari tanah publik Biro Pengelolaan Tanah (Bureau of Land Management/BLM) oleh pihak yang tidak dikenal,” bunyi pernyataan yang di-posting BLM di Facebook.  

Departemen Keamanan Publik Utah awalnya menemukan benda itu ketika berpatroli menggunakan helikopter di daerah terpencil di Utah selatan sambil menghitung jumlah domba tanduk besar atau bighorn (Ovis canadensis). 

Saat didekati, tugu ‘alien’ bermaterial metal dan memiliki tinggi sekitar 3,5 meter itu tampak tertancap sangat kuat di tanah. Ini menunjukkan bahwa objek tidak dijatuhkan secara acak ke tanah, namun seperti ditanam secara sengaja. 

Banyak orang yang berspekulasi bahwa benda itu berasal dari alien atau benda asing yang berasal dari luar Bumi. Sementara pilot helikopter yang menemukan pertama kali, Bret Hutchings, menganggap benda itu dibangun oleh seorang seniman atau penggemar berat film 2001:Space Odyssey. Ini tak lain karena struktur tugu menyerupai mesin yang ditemukan dalam cerita Arthur C. Clarke.  

Misteri tugu ‘alien’ mulai terungkap

Penemuan ini langsung menghebohkan jagat dunia maya. Meski otoritas tidak memberitahu lokasi dari benda aneh itu, seorang pengguna Reddit, Tim Slane berhasil melacaknya melalui platform Google Earth. Menariknya, dari hasil pelacakannya, tugu ‘alien’ tersebut diduga sudah ada di gurun Utah sejak tahun 2016. 

Dari hasil penelusurannya, pada bulan Agustus 2015, tugu misterius itu belum terlihat di gambar Google Earth. Namun, pada bulan Oktober 2016, tugu ‘alien’ muncul di lokasi yang sama dengan kondisi tanah yang sudah dibersikan dari semak belukar. 

Pada periode itu, serial televisi sci-fi “Westworld” sedang syuting di lokasi terdekat, yang membuat banyak orang berspekulasi bahwa monolit adalah properti dari film tersebut. 

Mengingat lokasinya juga telah digunakan di sejumlah acara TV dan film. Mulai dari film “127 Hours”, “Mission: Impossible 2”, hingga film barat klasik di tahun 1940-an dan 1960-an. Jadi, kemungkinan besar tugu ‘alien’ itu memang properti film. 

Apa pun itu, monolit tersebut telah hilang dan tidak ada penyelidikan lebih lanjut. BLM tidak memiliki rencana untuk menyelidiki kasus penghilangan tersebut, dengan menyatakan bahwa itu adalah urusan pihak kepolisian setempat. []

Berita Terbaru