Tutup Jalan Demi Nikahan Anak Rizieq, Anak Buah Anies: Itu Kewenangan Polisi

NKRIKU, Kepala Dinas DKI Jakarta Syafrin Liputo merupakan salah pejabat di lingkungan Provinsi DKI Jakarta yang turut diperiksa penyidik Polda Metro Jaya terkait pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Syafrin diperiksa pada Jumat (20/11/2020) setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dimintai klarifikasi penyidik dalam kasus yang sama. Syafrin menjelaskan, dalam pemeriksaan itu dirinya ditanyai soal izin penutupan jalan saat acara akad nikah putri Habib Rizieq Shihab.

“(Pemeriksaan itu) terkait izin penutupan jalan,” kata Syafrin ketika ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2020).

baca juga:

Saat acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab, ruas jalan ditutup total. Bahkan sejumlah angkutan umum, salah satunya Transjakarta terpaksa merekayasa rute  perjalanan lantaran putusnya akses di Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat.  

Terkait izin penutupan jalan itu, Syafrin menegaskan itu merupakan kewenangan polisi. Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 201 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Jadi untuk izin penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas sesuai dengan UU 22 tahun 2009 di sana Pasal 127 sampai 128 itu menjadi kewenangannya kepolisian,” ucapnya.

Syafrin mengaku dirinya hanya dipanggil sekali saja. “Sudah selesai pemeriksaannya,” tuntasnya.[]

Berita Terbaru