by

Twitter Setujui Tawaran Akuisisi Elon Musk Rp 635 Triliun

Pasang

NKRIKU, Jakarta – Twitter mengumumkan pada Senin, 25 April 2022, bahwa dewan direksi perusahaan telah setuju untuk menjual perusahaan itu kepada Elon Musk seharga US$ 44 miliar (Rp 635 triliun).

“Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Elon Musk dalam pengumuman pembelian sebagaimana dikutip Ars Technica, Selasa.

“Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk dengan fitur-fitur baru, membuat algoritme open source untuk meningkatkan kepercayaan, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua manusia. Twitter memiliki potensi luar biasa—saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan ini dan komunitas pengguna untuk membukanya.”

Kesepakatan itu, menunggu persetujuan pemegang saham dan diperkirakan akan ditutup akhir tahun ini, datang hanya 10 hari setelah dewan Twitter menyetujui pil racun untuk mencegah pengambilalihan yang tidak bersahabat sebagai tanggapan atas upaya Musk untuk membeli perusahaan.

Berita Populer  Kekayaan Elon Musk Melesat Rp1.700 Triliun Sepanjang 2021, Jeff Bezos Kian Tersingkir!

Anggota dewan mulai menanggapi tawaran Musk dengan lebih serius setelah dia menyiapkan pendanaan sebesar US$ 46,5 miliar. Perjanjian penjualan diumumkan beberapa jam setelah laporan bahwa kesepakatan antara Twitter dan Musk sudah dekat.

Kesepakatan itu adalah “perjanjian definitif yang akan diakuisisi oleh entitas yang sepenuhnya dimiliki oleh Elon Musk, seharga $54,20 per saham tunai dalam transaksi senilai sekitar $44 miliar,” kata pengumuman itu. “Setelah menyelesaikan transaksi, Twitter akan menjadi perusahaan swasta.” Harga saham Twitter naik 5,7 persen hari ini.

Ketua Dewan Twitter Bret Taylor mengatakan, “Dewan Twitter melakukan proses yang bijaksana dan komprehensif untuk menilai proposal Elon dengan fokus yang disengaja pada nilai, kepastian, dan pembiayaan. Transaksi yang diusulkan akan memberikan premi tunai yang substansial, dan kami percaya itu adalah jalan ke depan yang terbaik untuk pemegang saham Twitter.”

Berita Populer  Ingin Jadi Pemain Terbesar, Lamudi.co.id Akuisisi Bisnis Properti OLX

Jika pembelian selesai, pemegang saham Twitter “akan menerima US$ 54,20 tunai untuk setiap lembar saham biasa Twitter yang mereka miliki, premi 38 persen dari harga penutupan saham Twitter pada 1 April 2022, yang merupakan hari perdagangan terakhir sebelum Mr. Musk mengungkapkan sekitar 9 persen sahamnya di Twitter,” kata pengumuman itu.

Penjualan ke Musk dengan suara bulat disetujui oleh dewan Twitter dan “diharapkan akan ditutup pada 2022, tergantung pada persetujuan pemegang saham Twitter, penerimaan persetujuan peraturan yang berlaku, dan pemenuhan kondisi penutupan adat lainnya,” kata pengumuman itu. Musk sebelumnya mendapatkan US$ 25,5 miliar utang dan pembiayaan pinjaman margin dan berkomitmen untuk menyediakan US$ 21 miliar dalam ekuitas.

“Saya berharap kritikus terburuk saya tetap ada di Twitter, karena itulah arti kebebasan berbicara,” tulis Musk dalam tweet Senin. Musk, yang mengatakan bahwa “Twitter perlu diubah sebagai perusahaan swasta” untuk melindungi kebebasan berbicara, tahun lalu meminta seorang mahasiswa untuk menghapus akun Twitter yang melacak pergerakan jet pribadinya.

Berita Populer  Terpopuler Bisnis: Sinar Mas Akuisisi Perusahaan Batu Bara, Rencana Elon Musk

Musk baru-baru ini membeli 9,2 persen saham Twitter dan setuju untuk bergabung dengan dewan direksi Twitter. Dia kemudian mundur dari kesepakatan kursi dewan, yang akan melarang dia membeli lebih dari 14,9 persen saham perusahaan, dan menawarkan untuk membeli Twitter sebagai gantinya.

Direktur Twitter awalnya tampak siap untuk melawan upaya pengambilalihan Musk dan dengan suara bulat menyetujui pil racun yang mempersulit pembelian lebih dari 15 persen saham perusahaan dalam transaksi yang tidak disetujui oleh Dewan. Pil racun, tentu saja, tidak mencegah dewan untuk mencapai kesepakatan dengan Musk dalam negosiasi langsung.

ARS TECHNICA | TECHCRUNCH

Baca:
Investor Jangka Pendek Tekan Twitter untuk Jual Saham ke Elon Musk

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.