by

Usung Konsep Digital Nomad, Anies Ajak Warga Work from Anywhere dari Kepulauan Seribu

Pasang

NKRIKU.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat yang melakukan bekerja dari mana saja atau work from anywhere untuk melakukannya di Kepulauan Seribu. Anies pun mengusung konsep digital nomad demi mendorong program ini.

Kebijakan work from anywhere belakangan sudah banyak dipakai di berbagai perkantoran setelah program bekerja dari rumah atau work from home kerap dilaksanakan semasa pandemi Covid-19. Masyarakat bisa bekerja di manapun, termasuk lokasi wisata sambil berlibur.

Peluncuran program digital nomad ini dilakukan bersamaan dengan penanganan Jakarta Hajatan sebagai nama dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta.

Dengan konsep digital nomad di Kepulauan Seribu, khususnya pulau Bidadari, artinya disediakan berbagai fasilitas penunjang untuk bisa memenuhi kebutuhan pegawai yang ingin melakukan work from anywhere.

Baca Juga:
Anies: PPKM Level 1 Jakarta Jadi Babak Baru, Jangan Kembali ke Situasi Serba Pembatasan

“Ini juga kesempatan bagi kita untuk mengundang, menikmati fasilitas digital untuk kegiatan produktif, yang bekerja jarak jauh dan memilih untuk bekerja di tempat tempat yang jauh dari perkotaan tentu kita menawarkan kepulauan seribu untuk menjadi salah satu tujuannya,” ujar Anies di pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Senin (24/5/2022).

Kepulauan Seribu (Antara)Kepulauan Seribu (Antara)

Selain itu, Anies menyebut saat ini akses ke pulau Bidadari sudah cukup mudah. Dengan kapal yang disediakan, paling lama satu jam berangkat dari pelabuhan sudah sampai ke lokasi.

“Kita mengenal dengan istilah digital nomad. Bagi mereka silakan datang ke kawasan ini, infrastruktur dasar sudah disiapkan, semua bisa produktif dan merasakan suasana kepulauan seakan sedang liburan,” jelasnya.

Sebagai proses persiapan untuk melaksanakan program digital nomad di Kepulauan Seribu, Anies juga melakukan diskusi dengan Kementerian Pariwisata Kepulauan Maladewa atau Maldives. Hal ini dilakukan untuk belajar dari tempat wisata yang memiliki karakteristik sama dengan Kepulauan Seribu tapi lebih maju dalam bidang peristiwa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka rangkaian acara HUT ke-495 Jakarta di Kepulauan Seribu. (NKRIKU.COM/Fakhri)Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka rangkaian acara HUT ke-495 Jakarta di Kepulauan Seribu. (NKRIKU.COM/Fakhri)

“Pelajari dari yang sudah sukses, jadi kami pelajari dari Maladewa yang sudah sukses semoga kawasan ini menjadi kawasan yang nantinya tempat pariwisata tumbuh,” tuturnya.

Baca Juga:
Menolak Jadi Penjabat Gubernur Jakarta, Kapolda: Saya Masih Ingin Bantu Kapolri

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata di tempat yang sama mengatakan, manajemen pulau Bidadari disebutnya sudah menyiapkan paket one day one trip untuk berlibur sambil bekerja di Pulau Bidadari.