Warning, Hasil Riset Inggris: Covid-19 Mungkin Bisa Sebabkan Diabetes

NKRIKU – Para pakar dan tenaga kesehatan di Inggris mempertanyakan melonjaknya  kasus diabetes tipe 1 di antara anak-anak selama puncak pandemik Covid-19.

Terkait hal tersebut, jawaban sementara yang bisa disimpulkan dari hasil suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, mengindikasikan adanya kemungkinan  keterkaitan antara Covid-19 dengan diabetes tipe 1 pada anak-anak.

Namun demikian, penelitian tersebut masih membutuhkan desain lebih lanjut sebagaimana diungkapkan oleh para peneliti di Imperial College London pada Selasa (18/8).  Pasalnya, penelitian tersebut masih didasarkan pada beberapa kasus.

Sebagaimana dikutip dari reuters, seorang peneliti yang memimpin penelitian tersebut mengungkapkan, “Analisis kami menunjukkan bahwa selama puncak pandemik, jumlah kasus baru diabetes tipe 1 pada anak-anak sangat tinggi di dua rumah sakit (yang kami pelajari) dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar peneliti tersebut sebagaimana dikutip dari RMOL (18/8/2020.

“Saat kami selidiki lebih lanjut, beberapa dari anak-anak ini mengidap virus corona aktif atau sebelumnya pernah terpapar virus,” imbuhnya.

Logan menegaskan, fenomena serupa terjadi di China dan Italia sebagaimana dilaporkan. Terdapat penambahan kasus diabetes pada anak-anak dengan tipe 1 selama masa pandemi covid 19.

Berita Terbaru