Waspadai Gelombang Air Laut Setinggi 4 Meter di Beberapa Daerah

NKRIKU.COM – Salah satu fenomena alam yang belakangan sedang ramai diperbincangkan di Indonesia adalah naiknya gelombang air laut di beberapa wilayah perairan di Indonesia. Kabar terbaru datang dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bahwa gelombang tinggi terjadi secara signifikan pada sampai dengan tanggal 24 Juli 2021.

Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan oleh BMKG akan banyak ditemui gelombang tinggi, yakni hingga 4 meter. Fenomena yang terjadi karena sirkulasi udara dan pola angin ini menjadi salah satu fenomena yang wajib diwaspadai, terlebih bagi masyarakat yang bekerja dalam bidang pelayaran dan penduduk daerah sekitar pesisir pantai.

Di bawah adalah ulasan tentang peringatan potensi gelombang setinggi 4 meter di perairan Indonesia, mari simak!

Berita Populer  BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi Perairan Dekat Merak

Gelombang Air Laut Sedang dan Tinggi

Baca Juga:
Pesisir Sukabumi Dihantam Gelombang hingga Setinggi 6 Meter

Salah satu peringatan yang dikeluarkan secara resmi oleh BMKG tentang bahaya gelombang tinggi air laut ini menjelaskan tentang beberapa poin, yakni:

Pola angin yang terjadi pada wilayah Indonesia bagian utara lebih cenderung bergerak dari arah selatan menuju barat daya, kecepatan angin yang terjadi antara 5 – 25 knot.Pola angin pada wilayah Indonesia bagian selatan bergerak secara teratur dari arah Timur menuju Tenggara dengan kecepatan angin antara 5 – 25 knot.

Adapun dampak yang dihasilkan dari kecepatan angin tersebut adalah berupa gelombang air dengan tinggi antara 1,25 hingga 4,00 meter. Untuk daerah spesifiknya diperkirakan terjadi pada pesisir Sabang, perairan selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru.

Berita Populer  BMKG: Gelombang Tinggi 4-6 Meter Berpotensi Terjang Perairan Selatan Jawa dan NTB

Berikut adalah beberapa wilayah yang diprediksi mendapati ombak dengan kategori sedang:

Selat Malaka bagian utaraPerairan timur Pulau Simeulue hingga Kepulauan MentawaiLaut Natuna utaraPerairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan NatunaLaut NatunaSelat KarimataSelat GelasaLaut JawaPerairan selatan dan timur KalimantanPerairan KotabaruLaut BaliPerairan Kepulauan Sabalana hingga Kepulauan SelayarLaut SumbawaSelat MakassarLaut Sulawesi bagian barat dan tengahPerairan Kepulauan TalaudPerairan Bitung hingga LikupangLaut Maluku bagian utaraPerairan HalmaheraSamudra Pasifik utara HalmaheraSelat Sumba bagian baratSelat Sape bagian selatanPerairan Pulau Sawu – Kupang hingga Pulau RoteLaut Sawu Laut Flores bagian timurPerairan Baubau hingga WakatobiPerairan Menui hingga KendariTeluk ToloPerairan Kepulauan Banggai hingga Kepulauan SulaPerairan Pulau Buru – Pulau Ambon hingga Pulau SeramLaut SeramLaut BandaPerairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan TanimbarPerairan Kei hingga Kepulauan AruPerairan Raja Ampat bagian utaraLaut Arafuru

Berita Populer  Hati-hati Banjir Rob Hari Ini, BMKG Jelaskan Sebabnya

Dan wilayah dengan ombak tinggi:

Selat Malaka bagian utaraPerairan utara Sabang Perairan barat SumateraSamudra Hindia barat SumatraSelat Sunda bagian barat dan selatanPerairan selatan Banten hingga Pulau SumbaSelat Bali – Lombok hingga Alas bagian selatanSamudra Hindia selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur (NTT)Laut Sulawesi bagian tengah dan baratPerairan timur Kepulauan SitaroPerairan selatan Sangihe

Demikian adalah ulasan tentang peringatan potensi gelombang tinggi air laun mencapai 4 meter di perairan Indonesia. Semoga dapat memberikan wawasan informasi baru bagi anda.

Baca Juga:
Gelombang Tinggi, Aktivitas Nelayan di Pesisir Barat Lumpuh Total

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Berita Terbaru