Wilayah yang Dapat Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian

NKRIKU.COM – Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi ketika cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga Bulan tidak mendapatkan keseluruhan cahaya dari Matahari sehingga dijuluki sebagai ‘Gerhana Bulan Sebagian’. Pada tahun 2021, Gerhana Bulan Sebagian diprediksi akan terjadi di tanggal 19 November 2021.

Fenomena alam ini adalah peristiwa langka yang tentunya tak boleh dilewatkan begitu saja. Lantas, di lokasi mana saja Anda bisa menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian tersebut? berikut ini daftar daerah yang dapat menyaksikan Gerhana Bulan 19 November 2021.

Berita Populer  Gerhana Bulan Sebagian, Apa Maksudnya?

Wilayah yang Dapat Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian

Melansir dari BMKG, Gerhana Bulan Sebagian ini tak bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Hal ini disebabkan bulan berada di bawah ufuk dan belum terbit pada sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga:
Puncak Gerhana Bulan Sebagian Teramati Jelas dari Manokwari

Namun demikian, puncak Gerhana Bulan Sebagian ini rencananya terjadi pada pukul 16.02.53 WIB/17.02.53 WITA / 18.02.53 WIT. Lalu, di kota mana sajakah masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fase puncak Gerhana Bulan Sebagian? Berikut daftarnya:

Berita Populer  7 Teleskop Akbar yang Ada di Observatorium Bosscha

Provinsi Papua Barat (kecuali Kab. Kep. Raja Ampat)Sebagian Provinsi Maluku (Kota Tual, Kab. Maluku Tenggara / Kep. Kei, Kab. Kep. Aru)

Sementara itu, fase akhir Gerhana Bulan Sebagian terjadi pada pukul 16.47.23 WIB / 17.47.23 WITA / 18.47.23 WIT. Berikut ini sejumlah wilayah yang dapat menyaksikan fase akhir Gerhana Bulan Sebagian:

Pulau PapuaKep. MalukuSulawesiKalimantanNusa TenggaraPulau MaduraBaliJawa (kecuali Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kab. Bandung Barat)Provinsi Kep. Riau (Kep. Natuna dan Kep. Anambas)Provinsi Bangka Belitung (kecuali Bangka Barat)

Berita Populer  Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Fenomena Astronomi Juli, Virus Flu

Itulah daftar kota yang dapat menyaksikan indahnya fenomena alam Gerhana Bulan Sebagian pada 19 November 2021. Apakah Anda tertarik menyaksikannya?

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Baca Juga:
Bacaan Niat, Tata Cara dan Doa Salat Gerhana Bulan

Berita Terbaru