Yuk! Ketahui Lebih Lanjut Perbandingan Beli Tanah atau Rumah

NKRIKU Dilematis membeli tanah atau rumah pasti dihadapi setiap orang. Membeli tanah sangat menggiurkan sebab ada banyak opsi yang kita bisa lakukan ke depannya, namun membeli rumah juga memiliki keuntungan karena tak seribet memiliki tanah dan lebih cepat.

Baik membeli perumahan atau membeli tanah dua-duanya tidak sepi peminat. Untuk itu dalam mengetahui lebih lanjut berikut ini perbandingan beli tanah dan rumah.

1. Legalitas
Hal paling mendasar orang ketika membeli rumah atau tanah adalah legalitasnya. Jika kamu membeli rumah jadi, maka hal tersebut tak perlu dipikirkan karena semua dokumen sudah tersedia.

baca juga:

Namun jika ada membeli tanah maka legalitas menjadi permasalahan pertama yang dihadapi.
Dokumen-dokumen tersebut meliputi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah (SIPPT).

Mengurus hal tersebut juga memerlukan biaya tak sedikit dan waktu yang cukup lama. Namun jika kamu bisa memiliki waktu dan tenaga untuk mengurusinya, harusnya bukan masalah.

2. Harga
Secara umum, membeli tanah kavling di perumahan memang lebih murah dibandingkan membeli tanah, jika kedua pembelian dilakukan di daerah yang sama.

Pasalnya, pembeli tanah tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bangunan. Akan tetapi, kamu perlu mengkalkulasi biaya pembangunan rumah yang akan dilakukan nantinya karena membangun rumah sendiri belum tentu lebih murah.

Jika rumah jadi memang lebih mahal, namun banyak opsi yang kamu bisa dapatkan untuk rumah jadi, misalnya kredit atau KPR, yang membantu beban keuangan yang ada.

3. Desain Rumah
Hal berikutnya adalah desain rumah. Jika kamu membeli tanah maka mimpi untuk mendapat desain impian rumah kamu bisa terkabul.

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru