Yuk Simak! 5 Tips Penting Mengatur Keuangan Saat Ramadan

NKRIKU Ramadan pada 2021, bakal dilewati kembali dengan kondisi pandemi. Di tengah ketidakpastian tersebut, tentu keuangan kamu harus tetap dijaga agar Ramadan dapat dilewati dengan baik.

Maka dari itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri; terutama dari sisi keuangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips penting mengatur keuangan saat Ramadan.

baca juga:

1. Lindungi sumber penghasilan
Dengan adanya keadaan ekonomi yang belum stabil, sumber penghasilan sangatlah penting untuk dilindungi. Bagi para pekerja, tentu solusinya berhemat dan melakukan belanja seadanya.

Meski pemerintah menegaskan pekerja harus mendapatkan THR-nya, namun tetap harus ada antisipasi ke depannya sehingga kemungkinan Ramadan dan Idulfitri ini kamu harus matang melakukan spending.

2. Menambah dana darurat
Jika pada keadaan sebelumnya, dana tabungan atau dana darurat berkisar 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan, maka sebaiknya kini ditambah menjadi 3 hingga 12 kali pengeluaran bulanan.

Dengan jaring pengaman yang kuat, kamu tidak akan mengalami guncangan yang berarti dalam menghadapi kemungkinan tak diingikan saat menjalankan ibadah Ramadan.

3. Pastikan simpan dana yang likuid
Pelemahan pertumbuhan ekonomi juga bisa menambah ketidakpastian ekonomi di masa depan.

Maka dari itu, untuk mengatasi ketidakpastian tersebut pastikan untuk memiliki dana darurat dan tabungan yang memiliki likuiditas tinggi. Dengan meningkatkan likuiditas, maka aset risiko dapat dikurangi.

Editor: Dhera Arizona Pratiwi

Berita Terbaru